5 Channel YouTube untuk Bantu Asah Skill Fotografimu

Muhammad Iqbal Mawardi . February 04, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Pintar dan bergelar saja belum tentu cukup untuk kita menghadapi dunia pekerjaan di masa depan. Penting bagi kita untuk terus mengasah skill lain guna menambah value diri. Ada banyak sekali skill yang dapat kita pelajari, salah satunya adalah fotografi.

Dunia fotografi bukan hanya sekedar jepret gambar saja. Terdapat berbagai pengetahuan serta informasi lain yang perlu diketahui jika kamu ingin belajar dunia fotografi. Media untuk mempelajari fotografi pun saat ini sudah beragam, salah satunya dapat melalui platform YouTube.

Nah, untuk kamu yang ingin belajar fotografi, berikut 5 rekomendasi channel YouTube untuk belajar fotografi.

1. Mango Street

Channel YouTube ini dibuat oleh pasangan suami istri asal Amerika Serikat, Daniel Inskeep dan Rachel Gulotta. Channel YouTube ini berisikan segala hal yang berkaitan dengan fotografi.

Mango Street saat ini telah memiliki subscribers sebanyak 1,03 juta. Terdapat berbagai jenis konten fotografi yang mereka sajikan. Mulai dari tutorial memotret, editing foto, informasi mengenai gear fotografi, hingga tutorial membuat sebuah film.

Menariknya, channel ini kerap kali memberikan konten challenge guna meningkatkan kreativitas para penontonnya. Salah satu bentuk challenge-nya yakni memotret dengan kostum dan lokasi seadanya, seperti di parkiran dan kamar tidur.

Baca juga: Clubhouse Digunakan Elon Musk, Calon Sosial Media Populer?

2. Jessica Kobeissi

Untuk kamu yang menyukai memotret di outdoor, channel Jessica Kobeissi mungkin dapat menjadi referensi. Jessica Kobeissi, fotografer wanita asal Amerika Serikat tersebut sering kali memberikan tips dan trik memotret dengan bagus di lokasi-lokasi yang dianggap kurang bagus dan tidak menarik seperti pekarangan rumah, gudang, tempat sampah, dan lain-lain.

Selain itu, Jessica juga sering memberikan tips mengatur pose yang baik, mengedit foto, dan mengadakan challenge dengan fotografer-fotografer asal Amerika Serikat lainnya. Setelah melihat konten dari channel ini, kamu akan dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam memotret model di lokasi mana pun.

3. Moment

Di channel ini, kamu akan diedukasi bahwa hanya dengan menggunakan smartphone, bisa juga menghasilkan foto dan video yang bagus dan menarik. Channel ini berisi tentang bagaimana trik memanfaatkan atau memaksimalkan smartphone dalam fotografi.

Kamu akan diajak untuk lebih kreatif lagi dalam menentukan sudut pengambilan gambar. Tak hanya itu, Moment juga sering memberikan video perbandingan memotret dengan smartphone dan DSLR serta tips bagaimana menjadi travel fotografer.

4. Manuel Budijino

Manuel merupakan seorang mahasiswa teknik sipil yang menyukai fotografi, saat ini ia menetap di negeri tirai bambu. Melalui channel YouTube-nya ia memberikan informasi terkait dunia fotografi.

Informasi fotografi yang manuel unggah meliputi bagaimana menggunakan kamera yang baik hingga membuat foto yang unik dengan alat seadanya. Selain itu Manuel membuat 1 video dengan 1 istilah atau unsur fotografi. Misalnya video pertama membahas mengenai aperture saja tanpa membahas hal lain. Hal tersebut dapat membuat kalian lebih fokus untuk memahami sesuatu secara bertahap.

5. Kelas Pagi

Terkahir, channel YouTube kelas pagi memiliki video yang berhubungan dengan dunia fotografi, misalnya membahas mengenai smartphone apa yang baik untuk dipakai dalam kegiatan fotografi, alat apa dan bagaimana cara memotret model hingga menjelaskan mengenai tips dan trik fotografi.

Video yang diunggah pun tidak terlalu panjang durasinya, hanya sekitar 2 hingga 5 menit. Sehingga membuat kalian mudah untuk mempelajarinya, selain itu tidak membutuhkan waktu yang terlalu panjang untuk kalian dapat menonton videonya.


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar