achmad soheh
achmad soheh
October 14, 2020
INTEGRATED HEALTHY SOLUTION, KUNCI HIDUP SEHAT DI ERA INDUSTRI 4.0

Menciptakan sebuah pola hidup sehat,  bukan sekedar  berolahraga semata. Namun ada satu konsep  yang saat ini menjadi sebuah acuan  rumah sakit untuk menciptakan sebuah gaya hidup sehat. Apa yang dinamakan Integrated Healthy Solution atau Solusi sehat   yang terpadu, itulah kunci sebuah gaya hidup sehat di  Era Industri 4.0  

sumber : Gustinerz.com


Tren Integrated Healthy Solution (IHS), memang saat ini  tidak saja berkembang di Indonesia semata. Tetapi gaya hidup seperti itu juga menjadi pola hidup sehat untuk masyarakat yang ada di luar negeri. Itulah kenapa, pada akhirnya banyak pelaku bidang kesehatan yang pada akhirnya berlomba untuk menjadikan produk IHS sebagai sebuah layanan kesehatan yang optimal.  

Untuk membuktikan pernyataan di atas, marilah kita lihat pelaku bisnis sektor kesehatan yang sudah masuk dalam industri tersebut. (1) TE Asia Healthacare, salah satu anak perusahaan dari TPC Capital, fokusnya dalam bisnis pembiayaan pusat layanan kesehatan. Perusahaan yang awalnya bermain di kawasan Asia Pasifik, saat ini berencana masuk ke Indonesia.   Program paket investasi dalam bentuk pemberian permodalan pelayanan kesehatan.

Inilah concern bisnis yang akan di bawa ke Indonesia. Keyakinannya cukup tinggi karena mereka melihat  Indonesia dengan jumlah penduduk  yang besar adalah sebuah potensi. Sehingga konsep investasi yang akan di jalankan di Indonesia memang berbeda dari institusi sejenis lainnya.   (2)PHC Healthcare, perusahaan yang berasal dari Jepang ini justru memilih paket program yang berbeda.   Keyakinan akan sebuah pilihan yang berbeda, yaitu masuk dalam industri pengembangan perangkat lunak dalam bisnis kesehatan. Keyakinan itu seperti yang disampaikan Takayuki Otsuka, Direktur Sistem Informasi Kesehatan PHC Healthcare- Japan.  

“ Dunia saat ini sudah masuk dalam zamannya  dunia digital, dimana pengembangan instrumen digital menjadi satu hal yang mesti di jalankan,” begitulah Takayuki Otsuka menjelaskan. Itulah sebabnya, untuk mendukung terciptanya kualitas hidup manusia  yang lebih baik.  Maka peranan Teknologi Sistem Informasi Kesehatan menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan kesehatan prima.   Keberadaan teknologi menjadi salah satu kunci untuk menciptakan Sistem Informasi Kesehatan yang berdaya guna tinggi.

Karena hal  itu pun sesuai dengan konsep Era Industri 4.0, dimana peran SDM bisa  di sinkronisasi dengan kecanggihan teknologi. Sehingga ke depan tidak ada lagi jalan sendiri-sendiri.   Namun satu hal yang mesti menjadi perhatian pelaku bisnis adalah, bahwa sebuah sistem yang hendak di bangun mesti memiliki keunikan tersendiri. Agar jika sistem yang di bangun sama dengan sesuatu yang sudah ada, maka customer  tidak akan mengubah kebiasaannya. Mengingat  kesehatan adalah sebuah investasi mahal, sehingga tidak bisa di buat main-main.          

APLIKASI INTEGRATED HEALTHY SOLUTION, TEROBOSAN BARU BAGI CUSTOMER

sumber : ekonomibisnis.com


Itulah kenapa, pada kenyataannya PHC Healthcare memang sedang merencanakan sebuah sistem terpadu yang sangat berguna untuk customer. Konsepnya mungkin agak beda dengan ATM, namun bukan seperti ATM untuk tempat mengambil uang. Tetapi ATM yang dibuat adalah sebuah perangkat yang akan memudahkan customer pada saat ingin melakukan cek kesehatan di R. Sakit.  

Deskripsi sistem yang di kembangkan oleh PHC  Healthcare mungkin telah lama di kembangkan di negaranya Jepang. Mengingat kondisi Jepang adalah negara yang sangat efektif dan efisien dalam penggunaan SDM. Maka konsep aplikasi ATM ini akan bisa menghemat tidak saja SDM tapi juga waktu yang akan di pergunakan  dengan penggunaan sistem tersebut.  

Secara detail bisa di jelaskan bahwa dengan sistem ATM ini customer bisa melakukan beberapa kegiatan pada saat di Rumah Sakit. Dari mulai mencetak pendaftaran secara online, customer yang ingin cek up atau melakukan aktivitas lain di rumah sakit. Hingga aktivitas lanjut yang biasanya  dilakukan customer seperti konsultasi, berobat jalan dan rawat inap.   Sungguh sebuah terobosan menarik yang akan membuat customer merasa terbantu dalam menjalankan aktivitas secara langsung di rumah sakit.

Dan kenapa sistem ini cocok diaplikasikan saat ini, karena ternyata semua hal yang terkandung dalam sistem ini sudah ada di program BPJS.  Sehingga proses implementasi sistem ini lebih cepat dari yang di bayangkan sebelumnya.   Sebuah sistem dibuat satu hal yang mesti menjadi perhatian adalah,  bahwa sistem tersebut mesti memiliki keunggulan. Sama seperti ATM Kesehatan ini, karena memiliki minimal 2 keunggulan. (1) Bagi pihak rumah sakit akan bisa menekan biaya gaji bagian administrasi/ pendaftaran karena sudah bisa dilakukan secara online.   (2) Sudah pasti pasien akan bisa menghemat banyak hal, dari mulai waktu, tenaga dan sudah pasti biaya. Karena hanya seorang diri, si pasien sudah bisa melakukan  beberapa aktivitas yang sebelumnya mesti di lakukan oleh  beberapa orang. Inilah tujuan dari penggunaan sebuah teknologi,  bahwa pada akhirnya sebuah sistem itu memiliki banyak manfaat.    

SISTEM PELAYANAN KESEHATAN, BUTUH SISTEM CRM UNTUK MENSINERGIKAN  INTEGRATED HEALTHY SOLUTION “

sumber : barantum

Apapun namanya sebuah inovasi apalagi yang berhubungan dengan customer, memang pada akhirnya mesti bersumber dari kebutuhan dan keinginan customer,” begitulah  Handri Kosada, CEO Barantum memberikan statemen-nya terkait kondisi yang terjadi di sektor pelayanan kesehatan.   Dimana terkait dengan hadirnya sebuah konsep pelayanan kesehatan yang baru dengan istilah Integrated Healthcare Solution.

Handri Kosada memiliki pernyataan yang menguatkan. “ Sebuah inovasi terlebih yang langsung berhubungan dengan customer. Memang sebaiknya dasarnya diambil dari database customer itu sendiri. Dimana saat ini dunia kesehatan bisa menggunakan CRM untuk tujuan  tersebut, lanjut  Handri.   Apa  yang di maksud Handri dengan aplikasi CRM ( customer relationship management) itu memang saat ini hampir di gunakan oleh semua sektor industri. Dimana  fungsi utama dari CRM itu adalah untuk lebih mendekatkan customer dengan sistem layanan yang diberikan perusahaan.

Sehingga dengan adanya sistem CRM tersebut, perusahaan akan lebih tepat dalam melayani pasien.   Saat ini dalam Era Industri 4.0, ada beberapa hal yang membuat CRM sangat tepat jika di gunakan untuk tujuan tersebut. Mengembangkan sebuah sistem yang akan di pergunakan untuk melayani customer  dalam bidang kesehatan. Dimana keunggulan yang di miliki CRM-pun sudah terintegrasi dengan Teknologi Informasi, sehingga keakuratan datanya bisa dipertanggungjawabkan.   Pertama : CRM sebuah platform  handal, karena sistem ini bisa sekaligus mengintegrasikan beberapa sumber yang terkait dengan sektor kesehatan. Aplikasinya adalah CRM di pakai untuk mediasi antara industri farmasi dengan distributor obat-obatan. Distributor obat-obatan dengan pihak rumah sakit atau klinik serta  rumah sakit dengan customer/ pasiennya.   Konsep  ini di luar negeri bahkan sudah menjadi satu platform khusus.

Karenanya saat ini sudah ada dua perusahaan raksasa yang berkolaborasi untuk tujuan tersebut. Adalah 2 perusahaan besar yaitu Merck (produsen Obat ) dengan Alibaba Group (Multinational conglomerate company ). Keduanya sepakat menjalin kerja sama bisnis tersebut.    Kedua : dengan kecanggihan teknologi yang ada. Maka sistem CRM bisa dengan mudah diaplikasikan pada media apapun. Dengan cara seperti itu, maka siapa pun bisa memanfaatkan sistem CRM  ini untuk kebutuhan pola hidup sehatnya. Karena perangkat seperti : perangkat laptop, tablet, maupun smartphone sudah bisa digunakan sebagai media khusus tadi.    

INTEGRATED BUSINESS SOLUTION, KUNCI KESUKSESAN RUMAH SAKIT MASA DEPAN

Jika semua hal yang telah di jelaskan diatas bisa diimplementasikan dalam kerangka  strategi bisnis rumah sakit. Maka tidak heran jika kinerja rumah sakit di masa mendatang bisa lebih ditingkatkan  tidak saja  untuk customer  tetapi juga untuk peningkatan omzet perusahaan.  

Deskripsinya adalah : Jika “ATM”  tadi di integrasi kan dengan CRM maka beberapa keunggulan bisa di dapat pihak rumah sakit atau klinik. (1)Rumah sakit akan bisa menghemat cost operasional karena bisa menghemat biaya gaji karyawan (2) Sistem CRM yang based on nya Cloud Based maka secara otomatis rumah sakit akan lebih mudah melakukan integrasi semua sistem yang ada.  

Dimana beberapa divisi yang bisa di integrasi kan adalah seperti : divisi customer service, tim sales dan marketing hingga divisi adminitrasi dan umum. Pada akhirnya dengan terjadinya integrasi-nya semua sistem maka kinerja rumah sakit bisa di tingkatkan. Itulah yang membuat pada akhirnya aplikasi CRM akan bisa membantu dan meningkatkan omzet perusahaan secara keseluruhan.  

likeLikeshareBagikan
Masuk atau Daftar untuk menjawab pertanyaan ini.

Top Member