Xiaomi Pamerkan Kacamata Pintar dengan Layar MicroLED

Muhammad Iqbal Mawardi . September 14, 2021


Foto: Xiaomi

Teknologi.id – Xiaomi telah mengumumkan sebuah kacamata pintar yang disebut Xiaomi Smart Glasses. Melansir dari The Verge, juru bicara Xiaomi memberitahu bahwa tidak ada rencana untuk benar-benar menjualnya, tetapi Xiaomi telah memberikan detail yang cukup untuk membuat produk konsepnya ini tampak masuk akal.

Kacamata Xiaomi memiliki bentuk yang relatif konvensional, tetapi tidak seperti kacamata Stories Facebook dan Ray-Ban yang baru saja diumumkan, kacamata ini sebenarnya memiliki tampilan yang dapat digunakan untuk fitur AR.

Xiaomi mengatakan kacamata pintarnya ini dilengkapi sistem MicroLED monokrom untuk kepadatan piksel yang lebih tinggi dan umur yang lebih lama. 

Selain itu, kacamata ini juga memiliki struktur yang lebih sederhana bila dibandingkan dengan OLED. Menurut Xiaomi, MicroLED memungkinkan tampilan yang lebih ringkas, serta integrasi layar yang lebih mudah.

Baca juga: Fitur Baru MIUI ini Jadikan HP Xiaomi Mirip iPhone

">

MicroLED adalah teknologi tampilan self-emissive yang secara luas dipandang sebagai penerus alami OLED. Namun, teknologi ini terbilang sangat mahal dan belum digunakan di lebih dari segelintir produk komersial.

Layarnya sendiri kira-kira memiliki ukuran sebutir beras pada 2,4 mm x 2,02 mm dan memiliki kecerahan puncak 2 juta nits.

Cahaya tidak akan begitu terang setelah benar-benar mencapai mata pengguna. Kecerahan yang ekstrim juga masih terhalau walaupun berada di bawah sinar matahari langsung setelah melewati lensa pemandu gelombang optik, yang membiaskan dan mengarahkan cahaya.

Xiaomi mengatakan fitur seperti navigasi, terjemahan langsung, dan pemberitahuan untuk tampilan juga akan disematkan di kacamata pintar tersebut.

Kacamata itu sendiri adalah perangkat Android independen yang tidak memerlukan koneksi telepon konstan. Terdapat juga prosesor Arm quad-core, modul Wi-Fi,Bluetooth, baterai, dan kamera lima megapiksel di dalamnya. Xiaomi mengatakan kacamata itu hanya memiliki berat 51 gram.

Seperti yang disebutkan di awal, kacamata ini tidak akan tersedia untuk umum dan bahkan mungkin tidak ada, jadi kita harus melihat klaim Xiaomi dengan skeptis.

Namun, setelah pengumuman Facebook dan tepat sebelum acara iPhone Apple, demonstrasi konsep adalah indikator yang jelas bahwa Xiaomi ingin dianggap sebagai pemain di ruang teknologi AR.

(MIM)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler