Trump Serius Larang TikTok di Amerika

Nimas Disri . August 03, 2020

Foto: The Independent

Teknologi.id - Langkah Trump untuk melarang penggunaan TikTok di Amerika tampaknya tak main-main. Hal ini dilakukan karena aplikasi TikTok dituding menjadi alat pengintai badan intelijen di Cina. 

"Sejauh menyangkut TikTok, kami akan melarang mereka di Amerika Serikat," ujar Trump kepada para wartawan di Air Force One. Trump juga menyatakan bahwa ia akan sesegera mungkin menandatangani perintah eksekutifnya. 

Baca Juga: Geser Saudi Aramco, Apple Kini Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

Namun sampai saat ini belum jelas bagaimana otoritas Trump untuk melarang penggunaan TikTok, jenis larangan yang ditegakkan, dan hukum yang akan dihadapi. 

Langkah Trump ini menyusul hasil tinjauan dari Komite Investasi Asing (CFIUS) di Amerika. Komite ini menyelidiki adanya kesepakatan-kesepakatan yang berdampak pada sektor keamanan nasional Amerika Serikat. 

Sebelumnya, Microsoft sudah berbicara terkait pembelian aplikasi TikTok dari ByteDance. Namun tampaknya, Trump masih ragu untuk mengizinkan hal tersebut. 

Pihak TikTok menolak berkomentar lebih banyak terhadap aksi pelarangan TikTok oleh Trump ini dan mengatakan bahwa mereka yakin dengan kesuksesan jangka panjang yang akan diraih TikTok di Amerika. 

Baca Juga: Peretas Akun Twitter VIP Ditangkap, Usianya Masih 17 Tahun!

Sementara itu, Kevin Mayer, CEO TikTok mengatakan, "Kami tidak berpolitik, kami tidak memiliki iklan politik dan tidak memiliki agenda. Satu-satunya tujuan kami adalah tetap menjadi platform dinamis yang dapat dinikmati oleh semua orang." Mayer juga melanjutkan bahwa mereka menjadi target baru, tetapi bukan musuh. 

Transparansi tingkat tinggi akan diterapkan oleh TikTok dan mereka juga sedang berusaha untuk memungkinkan peninjauan algoritma. 

(nd)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler