Tiket Asian Games 2018 Menggunakan Teknologi QR Code

Tidak bisa dipungkiri tiket dan keberadaan calo sulit untuk dipisahkan. Setiap ada acara, tidak mengenal acara besar ataupun acara kecil penjualan tiket melalui calo selalu ada. Oleh karena itu, panitia mencegah beredarnya tiket palsu mengingat Asian Games bukan lagi acara yang biasa.

Panitia penyelenggara Asian Games 2018 berupaya mengantisipasi beredarnya tiket palsu dengan membatasi penjualan tiket melalui online juga offline. Hal tersebut merupakan cara pertama menghindari calo-calo atau oknum lain. Panitia penyelenggara Asian Games (Inasgoc) telah mempublikasikan tiket Asian Games 2018 yang akan dijual pada 30 Juni 2018.

Untuk tiket Asian Games nanti akan dilengkapi dengan teknologi QR Code sebelum ditukar dengan yang berbentuk fisik. Salah satu info lainnya dari tiket tersebut yakni mengenai keamanan dari maraknya tiket palsu kian banyak di setiap penyelenggaraan event besar.

Direktur Ticketing Inasgoc, Sarman Simanjorang mengatakan bahwa tiket yang dijual nantinya akan berbentuk E-voucher yang dilengkapi dengan QR code dan kemudian akan ditukar dengan tiket thermal (tiket fisik) atau wristband ticket.

“Tiket akan dipindai dan dipantau oleh relawan ticketing kurang lebih 1000 orang saat penonton memasuki venue pertandingan,” sambungnya. Dengan adanya teknologi dan metode tersebut, Sarman pun percaya akan mengatasi para calo yang menjual tiket palsu.

Perlu diketahui juga, kartu identitas, e-mail dan nomor telepon diperlukan pada saat pembelian dan juga untuk konfirmasi saat penukaran tiket. Demi keamanan dan mengurangi maraknya calo tiket, satu identitas hanya bisa melakukan transaksi pembelian sebanyak empat tiket, terkecuali yg bersifat group booking/bulk buying dari organisasi tertentu seperti NOC / perwakilan negara asing.

Penggunaan QR Code tiket Asian games ini sangat berperan penting. Dimana pemalsuan tiket akan sulit dan bahkan cenderung tidak bisa. Dengan menggunakan tiket dan tertera QR Code, penonton tidak perlu lagi mengetik kode angka, huruf atau keduanya yang cukup Panjang dan memakan waktu. Sebaliknya, mereka hanya perlu untuk memindai QR Code yang ada di pergelangan tangan penonton. Selain aman, teknologi QR Code pada tiket Asian Games juga untuk kecepatan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul “Tiket Asian Games 2018 Dilengkapi dengan Teknologi QR Code ”, http://www.tribunnews.com/sport/2018/06/12/tiket-asian-games-2018-dilengkapi-dengan-teknologi-qr-code

 

Baca juga: Bulu Tangkis Rencanakan Pakai Teknologi Hawk Eye di Asian Games 2018?

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *