Oppo Ingin “Naik kelas” Lewat Find X

Oppo saat ini sudah menjadi produk ponsel yang sangat dikenal. Tak hanya dikenal di dalam negeri, namun juga brand ini sudah dikenal luas di pasar internasional. Pabrikan asal China tersebut selama beberapa tahun terakhir memang tidak merilis ponsel kelas atas di Indonesia. Belakangan ini, Oppo berubah sikap. Flagship Find X yang baru meluncur secara internasional bulan lalu bakal segera hadir di Indonesia.

Melalui Find X, Oppo berharap bakal “naik kelas” di mata konsumen. “Sekarang adalah bagaimana membangun kesan bahwa Oppo sudah selangkah lebih tinggi, sudah hadir di segmen premium.” ujar PR Manager Oppo Aryo Meidianto.

Ponsel flagship dari lini Find besutan Oppo sendiri sudah lama tak diperbarui. Produk terakhir sebelum Find X adalah Find 7 yang dirilis genap empat tahun lalu pada 2014. Aryo mengatakan “Kami melihat semakin lama produsen lain hanya menawarkan sesuatu yang kurang lebih sama. Kalau kami, dari Find 7 ke Find X lompatannya jauh. Inilah yang seharusnya ditawarkan ke konsumen”.

Setelah “comeback” dengan Find X, apakah Oppo bakal konsisten mengeluarkan produk-produk flagship selanjutnya, termasuk di Indonesia? Aryo mengaku belum bisa memastikan. Lewat Find X, Oppo menawarkan berbagai inovasi seperti kamera slider yang bisa disembunyikan di dalam bodi dan layar yang memenuhi bagian depan, tanpa poni.

Dengan spesifikasi Oppo Find X pun sebanding dengan ponsel flagship dari merek lain, mencakup chip Snapdragon 845, RAM 8 GB, media penyimpanan 256 GB, baterai 3.730 mAh, layar 6,4 inci (2.340 x 1.080 piksel, 19,5:9) kamera ganda 16 megapiksel dan 20 megapiksel, serta kamera selfie 25 megapiksel.

Di Indonesia, Oppo Find X sendiri dibanderol seharga Rp 12.999.000 untuk masa pre-order pada 18 hingga 31 Juli mendatang. Harga tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan produk-produk Oppo sebelumnya di Indonesia, yang paling banter mentok di kisaran Rp 6 juta.

Selagi Oppo absen dari papan teratas pasaran smartphone, pabrikan-pabrikan lain masuk dan mengukuhkan posisinya di segmen tersebut. Namun, Aryo mengaku optimis Find X masih memiliki peluang untuk mengambil hati konsumen. Optimisme tersebut didasarkan pada pengamatannya. Menurutnya, pabrikan lain cenderung menelurkan produk flagship yang relatif tak banyak berubah antar generasi.

Artikel ini telah tayang di https://www.kompas.com/ dengan judul ” Lewat Find X, Oppo Ingin “Naik Kelas” ”, https://tekno.kompas.com/read/2018/07/19/15280007/lewat-find-x-oppo-ingin-naik-kelas-

Baca juga: Apa Merek Smartphone Paling Laris di Dunia?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *