Kasus Covid-19 Melonjak, Facebook dan Instagram Pasang Peringatan untuk Kenakan Masker

Indah Mutia Ayudita . July 03, 2020

Teknologi.id - Jika Anda rutin menggunakan aplikasi Facebook dan Instagram, dalam beberapa saat Anda mungkin akan melihat notifikasi yang mengingatkan untuk menggunakan masker.

Postingan berupa peringatan akan muncul pada bagian atas News Feed Facebook, yang akan mengarahkan penggunanya secara langsung ke pusat informasi Covid-19 dan disediakan link untuk mendapatkan informasi yang valid terkait penyebaran virus tersebut.

Instagram juga akan mendapatkan peringatan serupa dengan link CDC (Centers for Disease Control and Prevention--Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit) yang sama.

Baca juga: Obati Penasaranmu, Begini Cara Melihat Akun Instagram yang Di-Private

Perusahaan menyatakan hal ini sebagai respon terhadap peningkatan kasus Covid-19 di Amerika Serikat. Pada hari Rabu kemarin, Amerika mencatat rekor dengan lonjakan mencapai 50.000 kasus hanya dalam satu hari.

Per hari Kamis, Amerika Serikat mencatat terjadinya 2,7 juta kasus positif Covid-19 dengan korban meninggal sebanyak 128.000.

Saat ini, CDC merekomendasikan untuk mengenakan masker khususnya di tempat umum untuk melindungi diri sendiri maupun orang lain dari kemungkinan terinfeksi. Penggunaan masker terbukti bisa menurunkan kemungkinan terjadinya transmisi cairan dari sistem pernafasan yang bisa menyebarkan virus ini.

Facebook telah berupaya untuk menangani postingan berisi infomasi yang salah pada platformnya selama pandemi ini berlangsung. Perusahaan terus menambahkan fitur-fitur baru, termasuk sebuah peringatan yang muncul ketika penggunanya kemungkinan besar beinteraksi dengan postingan yang mengandung informasi hoaks.

Baca juga: Bill Gates: Amerika Tidak Melakukan Banyak Hal untuk Memerangi Covid-19

Notifikasi anjuran untuk mengenakan masker ini akan muncul pada Instagram dan Facebook mulai hari Kamis untuk region Amerika Serikat dan akan terus diperluas ke penggunanya di seluruh dunia.

(im)




teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler