Google Akan Hapus Konten Pengguna yang Tidak Aktif 2 Tahun

Rima Fidayani Rizki . December 07, 2020

Foto: Firstpost

Teknologi.id - Para pengguna fasilitas penyimpanan Google, bersiaplah. Raksasa teknologi yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini kembali mengumumkan perubahan kebijakan penyimpanan untuk akun Google yang menggunakan layanan Gmail, Google Drive, dan atau Google Photos. 

Baca Juga: Airbnb Sediakan Tempat Tinggal Gratis untuk Pengungsi

"Kebijakan baru ini, sesuai dengan praktik industri yang berlaku. Kami ingin menyampaikan kebijakan baru ini, sebelum pemberlakuannya," tulis Google melalui e-mail yang diterima oleh pengguna Gmail, sebagaimana dikutip dari Okezone Techno, Selasa (8/12).

Kebijakan baru tersebut akan berlaku mulai 1 Juni 2021 mendatang. Pihak Google menegaskan kebijakan ini berlaku bagi pengguna akun Google yang tidak aktif menggunakan layanan atau memeriksa konten-konten yang disimpan selama 2 tahun di Gmail, Drive, atau Foto. Kepada pengguna tersebut, pihak Google akan menghapus konten dalam produk yang tidak digunakan pengguna.

Namun, terdapat pengecualian bagi pelanggan Google One. Selama pelanggan tidak melebihi kapasitas penyimpanan dan dianggap memiliki reputasi baik, maka tidak akan terpengaruh oleh kebijakan penghapusan konten ini.

"Jika Anda melebihi batas penyimpanan selama 2 tahun, kami dapat menghapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto," lanjut Google.

Sebenarnya, meskipun kebijakan ini mulai berlaku per 1 Juni 2021, penerapannya akan dimulai paling cepat 1 Juni 2023. Setelah 1 Juni 2021, Google tidak akan langsung menghapus semua konten pengguna yang tidak aktif, tetapi akan terlebih dahulu mengirimkan beberapa peringatan melalui e-mail dan notifikasi.

"Meskipun Anda tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan untuk satu atau beberapa layanan ini dan konten dihapus, Anda tetap dapat login," kata Google.

Baca Juga: Apple Dukung Penelitian Baru Malala Fund

Sebagai informasi, setiap akun Google dibekali dengan ruang penyimpanan standar gratis sebesar 15GB. Penyimpanan tersebut berlaku untuk Google Drive, Foto, dan Gmail. Untuk Google Drive, kontennya mencakup semua yang tersimpan di Dokumen, Spreadsheet, Slide, Gambar, Formulir, dan Jamboard. 

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler