Diskusi Security Software, White House Undang Apple, Amazon & IBM

Fikriah Nurjannah . January 14, 2022

foto : reuters.com

Teknologi.id – Gedung Putih akan bertemu dengan eksekutif dari perusahaan teknologi terkemuka, termasuk Google milik Alphabet, Apple Inc dan Amazon.com Inc, pada hari Kamis untuk membahas keamanan perangkat lunak atau security software, setelah Amerika Serikat mengalami beberapa serangan siber secara masif pada tahun lalu.

Pada bulan Desember, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan mengirim surat kepada kepala eksekutif perusahaan teknologi, setelah ditemukannya kerentanan keamanan dalam open-source software yang disebut Log4j yang digunakan organisasi di seluruh dunia untuk mencatat data dalam aplikasi mereka.

Dalam surat tersebut, Sullivan mencatat bahwa open-source software tersebut digunakan dan dipelihara secara luas oleh para sukarelawan dan merupakan "masalah keamanan nasional yang utama."

White House mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa, pertemuan pada Kamis, yang akan dipandu oleh wakil penasihat keamanan nasional untuk siber & teknologi baru, Anne Neuberger, akan membahas kekhawatiran seputar keamanan open-source software dan bagaimana hal itu dapat ditingkatkan.

Perusahaan teknologi papan atas lainnya yang hadir pada pertemuan tersebut termasuk IBM, Microsoft Corp, Meta Platforms Inc yang memiliki Facebook, dan Oracle Corp. Sementara instansi pemerintahan, termasuk diantaranya, Departemen Keamanan Dalam Negeri, Departemen Pertahanan dan Departemen Perdagangan, juga akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Keamanan siber telah menjadi prioritas utama bagi pemerintahan Biden, setelah beberapa serangan siber besar tahun lalu, yang mengekspos ribuan catatan yang dipegang oleh perusahaan dan lembaga pemerintah kepada peretas.

Satu peretasan, yang menurut pemerintah AS kemungkinan diatur oleh Rusia, meretas perangkat lunak yang dibuat oleh SolarWinds dan memberi peretas akses ke ribuan perusahaan dan kantor pemerintah yang menggunakan produknya.

Peretas mendapat akses ke email di Departemen Keuangan, Kehakiman dan Perdagangan AS, serta lembaga lainnya.

Meningkatnya frekuensi dan dampak serangan semacam itu mendorong pemerintah mengeluarkan perintah eksekutif tahun lalu yang membuat dewan peninjau dan standar perangkat lunak atau software yang baru untuk lembaga pemerintah.

(fnj)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar