Covid19.go.id Website Resmi Penanggulangan Virus Corona di Indoensia

Sutrisno Zulikifli . March 18, 2020
Sumber foto: Tangkapan layar tampilan situs covid19.go.id



Teknologi.id - Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 meluncurkan portal covid19.go.id. Situs ini adalah sumber informasi resmi penanggulangan virus corona di Indonesia.

Situs tersebut dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan COVID-19. Tim terdiri dari berbagai elemen yaitu pemerintah, badan PBB (UNICEF, WHO, dll), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil, dan dunia usaha.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo, mengatakan situs tersebut bertujuan untuk memastikan publik mendapatkan akses pada informasi resmi dan akurat mengenai penanggulangan virus corona. Apalagi di masyarakat makin banyak berkembang informasi yang tak akurat.

"Kami menyadari masyarakat butuh akses pada informasi akurat, cepat dan terpercaya. Untuk itulah mengapa situs www.covid19.go.id ini dibuat agar bisa menjadi sumber informasi resmi satu pintu,” kata Doni dalam keterangan tertulisnya, disadur Kumparan, pada Rabu (18/3/2020).

BACA JUGA: Microsoft Rilis Peta Real Time Penyebaran Virus Corona di Dunia

Situs tersebut memuat tiga langkah penting yang dapat dilakukan masyarakat, yaitu Cara Mengurangi Risiko Penularan, Cari Informasi yang Benar, dan Apa yang Perlu Dilakukan Bila Sakit. Data statistik mengenai jumlah kasus positif virus corona juga diperbarui secara realtime dan diharapkan dapat menjadi acuan berbagai pihak.

Selain itu, ada pula Hoaks Buster yang bisa digunakan sebagai acuan apakah informasi yang beredar mengenai virus corona adalah informasi yang valid atau tidak.

"Kami berkomitmen memberikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab kepada masyarakat. Pengetahuan dan perilaku yang benar adalah elemen penting untuk melawan penyebaran penyakit ini," tuturnya.

BACA JUGA: Sudah Boleh Pulang, Pasien 03 Beberkan Cara Sembuh dari Virus Corona

Doni menegaskan upaya menanggulangi virus corona harus dikerjakan bersama-sama. Masyarakat juga diminta untuk disiplin dalam menerapkan hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah.

“Di antaranya menjaga jarak aman dengan bekerja, beribadah, belajar dari rumah serta selalu melakukan praktik kebersihan dasar khususnya cuci tangan menggunakan sabun,” pungkasnya.

Seperti diketahui, hingga Rabu siang, telah ada 227 yang kasus corona. 19 diantaranya meninggal dunia dan 11 orang dinyatakan sembuh dan diperblolehkan pulang dari rumah sakit. (sz)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler