Buat Tampilan UI Lebih Interaktif dengan ReactJS

Muhammad Iqbal Mawardi . May 03, 2021


Foto: Wallpaper Access

Teknologi.id – Terdapat banyak framework yang digunakan untuk mendesain user interface (UI) yang interaktif. Salah satunya adalah ReactJS. Saat ini, ReactJS digunakan oleh banyak aplikasi populer. Mulai dari Netflix, Instagram, Facebook, hingga situs berita seperti The New York Times.

Namun, mengapa para developer banyak yang menggunakan ReactJS? Apa keuntungan menggunakannya?

Awalnya, ReactJS adalah JavaScript Library yang dikembangkan oleh Jordan Walke sekitar tahun 2013. Saat itu, Walke merupakan seorang developer untuk Facebook. Saat ini, ReactJS digunakan sebagai salah satu framework untuk membuat bagian front-end dari sebuah aplikasi.

Dilansir dari laman resminya, ReactJS diklaim membantumu membuat UI interaktif dengan mudah. ReactJS akan secara efisien memperbarui dan merender komponen yang tepat saat datamu berubah.

Baca juga: Google Doodle Hadirkan Mini Game Populer Untuk WHF

ReactJS terdiri atas dua komponen. Functional component, yaitu komponen yang tidak memiliki statusnya sendiri dan hanya berisi metode render, jadi mereka juga disebut komponen stateless. Komponen fungsional ini dapat memperoleh data dari komponen lain sebagai properti.

Class component, yakni komponen yang dapat menampung dan mengelola statusnya dan memiliki metode render terpisah untuk mengembalikan JSX di layar. Komponen ini juga disebut komponen stateful, karena mereka dapat memiliki status.

Bagaimana? Tertarik untuk mempelajari seputar ReactJS? Jika tertarik, Teknologi.id saat ini tengah mengadakan kelas premium bertajuk "Front End React" yang diisi oleh pemateri yang ahli dibidangnya seperti Kresna Hendri selaku Senior Frontend Enginer  Ruang Guru dan Hepiska Franatagola selaku Lead Software Enginer di Darshana Design Studio. 

  • Apa saja sih yang akan kamu peroleh dengan mengikuti kelas premium?
  • 2 kali sesi Zoom perbulannya
  • Akses bebas
  • 4 bahan pembelajaran yang dapat di download tiap bulannya 
  • Akses bebas untuk QnA
  • Penugasan

Menarik bukan? Langsung saja daftarkan diri kamu di sini.

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler