Teknologi.id - Sebuah studi oleh pCloud menyimpulkan bahwa media sosial dan aplikasi pengiriman makanan menjual data pribadi kepada pengiklan pihak ketiga. Namun survei terbaru menunjukkan bahwa empat dari lima orang tidak ingin data pribadi mereka dikumpulkan atau dibagikan tanpa izin mereka. Jika Anda muak dengan pengumpulan data invasif, apa alternatif terbaik?
Surfshark membandingkan aktivitas pengumpulan data dari 200 aplikasi untuk mengetahui layanan mana yang mengumpulkan data paling banyak dalam kategori tertentu dan aplikasi mana yang tidak menggunakan data Anda. Studi ini mengamati 18 kategori aplikasi dan menemukan bahwa semakin populer suatu aplikasi, semakin banyak data yang dikumpulkannya.
Baca Juga: Serangan DDoS melonjak ke level tertinggi pada tahun 2021
Facebook, Instagram, dan Messenger—semuanya dimiliki oleh perusahaan yang sama, Meta—mengumpulkan semua 32 segmen data pribadi yang ditandai oleh Apple App Store. Opsi yang tidak terlalu invasif mencakup aplikasi media sosial Clubhouse yang mengutamakan audio. Rapat Cisco WebEx dan aplikasi pesan menghilang Debu adalah alternatif yang bagus untuk penggunaan bisnis dan pribadi, karena tidak ada layanan yang mengumpulkan data apa pun.
Jika Anda mencari privasi saat menelusuri web, membaca email, atau streaming video, Anda harus menghindari produk Google. Chrome mengambil 13 poin data, Gmail mengumpulkan 19, dan YouTube mengambil 24 kolosal. Sebagai gantinya, gunakan alternatif Brave atau Firefox Focus—atau jendela penjelajahan pribadi—dan layanan email berbayar Spike, dan Popcornflix atau Kanopy untuk streaming video.
Mencari aplikasi keuangan? PayPal mengambil 26 poin data dibandingkan dengan MoneyGram yang hanya delapan. Mint juga melahap 21 poin data, sementara Mvelopes tidak mengumpulkan data sama sekali. Cryptominers, hindari Coinbase dan 18 titik datanya: Pilih Crypto Pro sebagai gantinya, yang hanya mengumpulkan pengenal pribadi.
Aplikasi pengiriman makanan DoorDash dan Caviar mengumpulkan 24 poin data masing-masing, sementara aplikasi termasuk Postmates dan ChowNow hanya mengumpulkan 13. Daripada berbelanja di Amazon, yang mengumpulkan 26 poin data, cobalah Etsy atau Poshmark, yang hanya melahap 12.
Studi Surfshark mencakup alat privasi interaktif yang memungkinkan Anda melihat sebagian besar (dan paling sedikit) aplikasi yang haus data.
Baca Juga: Data Pribadi Anda Bisa Terekspos Dikarenakan Rentannya MacOS Baru
(MYAF)
Tinggalkan Komentar