Akibat Seseorang, Internet Gangguan seluruh Dunia, Kok Bisa?

Suraj Hariramani . June 10, 2021


Foto: The Independent

Teknologi.id- Kemarin tanggal 8 Juni 2021, kebingungan terjadi ketika masalah internet muncul di seluruh dunia. Dikutip dari TheWallStreetJournal, gangguan ini terutama mempengaruhi situs web yang berada di negara Eropa dan Amerika Serikat. Korban merupakan beberapa outlet berita utama seperti CNN, New York Times dan Le Monde. Namun, masalah tersebut hanya berlangsung selama sejam sebelum kembali normal.

Penyebab masalah ditentukan karena masalah konfigurasi yang dialami oleh layanan jaringan pengiriman konten, PT Fastly. Berdasarkan pernyataan Nick Rockwell, kepala teknik dan infrastruktur perusahaan, masalah tersebut disebabkan oleh cacat di sistem yang muncul oleh pelanggan yang memperbarui datanya.  Akhirnya, ini menyebabkan 85% jaringan Fastly mengalami kegagalan.

Dikutip dari The Guardian, jaringan pengiriman konten yang dioperasikan Fastly membantu mengendalikan kemacetan pengguna internet. Sehingga, kesalahan tersebut menghambat akses kepada sumber informasi yang terpenting itu. Menurut Naomi Aharony, direktur pengurus agensi Fastly, situs e-commerce Amazon berpotensi kehilangan $6.803(Rp 95 juta) setiap detik situsnya offline.

Kejadian tersebut membuktikan bahwa sebuah kejanggalan kecilpun dapat mengakibatkan dampak besar kepada seluruh ujung dunia. Kita hanya berutung masalah tersebut dapat diatasi dengan cepat.

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler