Apple Resmi Umumkan iOS 14, Ini Deretan Fitur Barunya

Teknologi.id . June 22, 2020

Foto: Apple via The Verge


Teknologi.id - Dalam gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang baru saja dimulai kemarin (22/6), Apple langsung mengumumkan iOS 14.

Pembaruan iOS 14 versi developer beta pun saat ini sudah mulai digelontorkan, setelahnya disusul iOS 14 Public Beta yang akan bisa dicicipi bulan depan. Sedangkan iOS 14 versi final baru akan dirilis pada September mendatang.

Dalam sistem operasi terbaru ponselnya tersebut, Apple diketahui menghadirkan cukup banyak fitur baru. Apa saja?

Baca juga: Tak Lagi Pakai Intel, Mac Akan Gunakan Apple Silicon

1. App Library


Foto: Apple via SlashGear


Apple Library berguna untuk mengatur aplikasi ke dalam grup dan daftar secara otomatis, sehingga memudahkan akses pengguna tanpa harus banyak menampilkannya di Home Screen

2. Widget


Foto: Apple via SlashGear


Apple mendesain ulang tampilan widget sehingga menjadi lebih menarik dan mudah diakses. Kini pengguna bisa menempatkannya di home screen dengan berbagai pilihan ukuran.

3. Picture in Picture Video


Foto: Apple via Toms Guide


Picture in Picture Video memungkinkan pengguna iPhone untuk tetap bisa memutar video sembari membuka aplikasi yang lain. Swipe ke sisi kiri atau kanan untuk menyembunyikan video namun tetap terdengar audionya.

4. Siri 


Foto: Apple


Pembaruan Siri diklaim menjadi 20 kali cepat dari versi sebelumnya. Selain itu, Siri di iOS 14 juga hadir dengan tampilan baru yang lebih compact dan didukung dengan sejumlah fitur baru termasuk mengirim pesan audio.

5. Translate


Foto: Apple


Translate merupakan fitur yang dapat membantu pengguna untuk menerjemahkan percakapan dari bahasa asing ke bahasa yang dikuasainya dan dapat digunakan secara offline.

6. Messages


Foto: Apple


Dalam fitur perpesanan Apple ini, dihadirkan fungsi pin yang membuat pengguna dapat menempatkan percakapan penting di bagian atas, sehingga tidak tertimbun dengan chat lain. Apple juga memberikan referensi Memoji berdasarkan umur pengguna iPhone. Selain itu dihadirkan pula fitur Group untuk memudahkan berkomunikasi dengan beberapa orang.

Baca juga: 4 Pembaruan iPadOS dan AirPods yang Diperkenalkan pada Apple WWDC 2020

7. Maps


Foto: Apple


Dalam pembaruan fitur peta di iOS 14, Apple memperkenalkan Guides yang memberikan panduan berbagai tempat dengan informasi terbaru. Selain itu ada fitur Cycling yang memberikan panduan jalur bersepeda dan EV Routing untuk menunjukkan tempat pengisian daya mobil listrik.

8. CarPlay


Foto: Apple


CarPlay kini dibekali wallpaper baru sehingga lebih mempercantik penampilannya. Selain itu, fitur ini juga bisa memfungsikan iPhone menjadi kunci mobil.

9. App Clips


Foto: Apple


Fitur App Clips memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi tanpa harus mengunduh banyak file besar. Diklaim ringan dan cepat, pengguna bisa mengaksesnya melalui kartu yang muncul di bagian bawah layar.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya