Ini Spesifikasi Kapal Selam Scorpene yang Dibeli Indonesia

Fabian Pratama Kusumah . February 11, 2022

Foto: Asia Pacific Defense Journal

Teknologi.id – Tidak hanya membeli jet tempur Rafale dari Prancis, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan Indonesia juga akan membeli dua kapal selam kelas Scorpene.

Kapal selam Scorpene buatan perusahaan DCNS dikembangkan berdasarkan kapal selam tenaga nuklir kelas Amethyste milik Angkatan Laut (AL) Prancis.

Kapal selam Scorpene dilengkapi dengan empat generator diesel yang menyediakan daya 2.500 kW, ini dibekali dengan permanent magnet synchronous motor.

Kapal selam Scorpene ini mampu membawa 30 ranjau laut dan melaju 20 knots (37 kilometer/jam) di dalam air dan 12 knots (22 kilometer/jam) di permukaan.

Kapal ini bisa membawa 32 kru yang disebut memiliki teknologi senyap mutakhir sehingga membuat kapal selam sulit dideteksi lawan.

Kapal selam ini memiliki senjata termasuk torpedo anti-kapal dan anti-kapal selam, serta rudal jarak jauh untuk menghabisi musuh. Kapal selam ini bisa menyelam hingga kedalaman 300 meter.

Baca juga: TNI AL Tambah Lagi Armada "Kapal Cepat Rudal" Buatan Dalam Negeri

Dilansir dari CNN Indonesia, Scorpene dibekali enam tabung peluncur torpedo 533 mm yang bisa meluncurkan torpedo kelas berat Black Shark atau rudal anti kapal Exocet SM.39.

Scorpene terdiri dari empat varian yakni CM-2000 (61,7 meter) AM-2000 (70 meter), CA-2000, dan S-BR (75 meter).

Selain digunakan oleh Prancis, sejumlah negara juga menggunakan kapal selam ini seperti Chile, Brasil dan India.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar