Pengembang Tren NFT di Indonesia

Josephine Cahyadi . March 25, 2022

Pengembang Tren NFT di Indonesia

Foto : unsplash

Teknologi.id – Non Fungible Token (NFT) sedang populer di Indonesia setelah Ghozali seorang mahasiswa yang lebih dikenal sebagai Ghozali Everyday  viral. Ghozali terkenal karena harga foto selfie miliknya yang dijual dalam bentuk NFT melonjak tinggi.

NFT merupakan sertifikat digital yang menjamin keaslian foto, video, atau aset virtual meski sudah banyak beredar di media sosial. NFT sudah berkembang sejak tahun 2019, walaupun baru saat ini booming di Indonesia.

Menurut Pandu Sastrowardoyo, CEO DeBio Network sekaligus Co-Founder Asosiasi Blockchain Indonesia, Sejak tahun 2019 banyak seniman dan artis yang sudah mendalami dunia NFT. 

Sejak viralnya Ghozali, masyarakat ikut berbondong-bondong mencoba menjual berbagai foto sebagai NFT, mereka mencoa menjualnya di marketplace NFT global yaitu OpenSea.

Praktik penjualan NFT sama seperti penjualan pada umumnya yang melibatkan penjual, pembeli, pasar, serta aturan yang dibuat oleh lembaga terkait.

Pakar Budaya dan Komunikasi Digital Universitas Indonesia, Firman Kurniawan mengatakan bahwa belom banyak orang yang ingin terjun ke NFT. Selain belum banyak yang terlibat, factor keamanan, legalitas dan juga aturan yang melindungi investor belum begitu siap.

Maka dari itu Firman mengatakan ekosistem NFT di Indonesia belum memadai intuk menampung perkembangan NFT sebagai investasi.


(JC) 

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar