Pengaruh Hadirnya Teknologi NFT di Indonesia

Maudita . March 23, 2022


NFT

Foto: Pixabay


Teknologi.id - Beberapa waktu lalu, teknologi NFT di Indonesia mulai dikenal masyarakat lantaran ada seseorang yang berhasil menghasilkan uang miliaran rupiah dari sistem ini.


Ghozali, seseorang yang berhasil menghasilkan uang miliaran rupiah dari NFT tersebut nyatanya hanya menjual foto selfie dirinya sendiri saja.


Hal inilah yang membuat Ghozali maupun NFT sama-sama jadi bahan perbincangan pengguna internet. Bagaimana bisa hanya dari foto selfie dapat uang miliaran?


Di sinilah kita perlu membahas pengertian, cara kerja, dan pengaruh apa saja dari teknologi NFT di Indonesia ini. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini.


Baca juga: Konser di Metaverse, NFT Bored Ape Bakal Buat Grup Band?

Apa itu NFT?


Foto: Pixabay


NFT atau Non-Fungible Token adalah sebuah aset digital yang menjadi perwakilan objek dunia nyata, misalnya musik, video, foto, ataupun item game.


Beberapa objek dunia nyata tersebut nantinya akan diperjualbelikan secara online dengan bantuan cryptocurrency atau mata uang kripto.


Sebenarnya, aset digital ini sudah ada sejak 2014 lalu. Namun, karena peristiwa Ghozali, teknologi NFT di Indonesia menjadi populer.


Umumnya, sekarang ini NFT digunakan sebagai tempat untuk membagikan kreasi digital, seperti lukisan atau gambar karakter lainnya.


Ada juga orang kreatif yang membuat sebuah video dan berhasil memecahkan rekor penjualan hingga $69,3 juta atau setara Rp1 triliun.


Orang yang berhasil memecahkan rekor tersebut adalah Mike Winkelmann atau sering dikenal dengan sebutan Beeple. Ia membuat 5.000 gambar harian dan menggabungkannya dalam sebuah video.


Tentu saja hal ini berhasil Mike raih setelah melewati banyak ujian dan rintangan. Lantas, setelah mengetahui pengertianya, bagaimana cara kerja dari teknologi NFT ini?

Cara kerja NFT


Foto:Pixabay


Ketika membahas NFT, mungkin Anda pernah berpikir, “Kenapa orang mau membeli sebuah foto atau video hingga ratusan sampai triliunan?


Pada dasarnya, hal ini berkaitan dengan keaslian. NFT mempunyai kemungkinan yang tinggi akan keaslian barang yang dibeli.


Selain itu, adanya otentikasi bawaan membuat pembeli memiliki bukti kepemilikan. Terkadang, ada kolektor yang memang membutuhkan sesuatu dan rela membeli berapa pun hal yang Ia cari tersebut tanpa memandang harga.


Lalu, bagaimana dengan cara kerja NFT? NFT digunakan dalam blockchain Ethereum, yakni mata uang kripto seperti bitcoin. 


Dengan demikian, NFT tidak bisa digunakan di luar blockchain, sebab sistem ini tak ada secara independen.


Adanya blockchain Ethereum dapat mendukung perdagangan NFT melalui penggunaan ETH sebagai mata uang mereka.


Untuk cara kerja NFT yaitu penyimpanan data digital akan membuat pengguna dapat saling mentransfer data secara rahasia dengan skema enkripsi kriptografi. Jadi, data tak bisa dilacak atau dimiliki pengguna lain.


Popularitas NFT yang semakin tinggi menjadikan aset digital ini dianggap menjanjikan. Lebih lengkap mengenai pembahasan berikut, simak rangkumannya di bawah ini.

Pengaruh teknologi NFT di Indonesia


Foto: Pixabay


Perkembangan teknologi NFT di Indonesia sering kali dianggap sebagai lapangan pekerjaan dan penghasilan baru bagi beberapa orang. Benarkah seperti itu?


Melansir dari Kumparan, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia dan COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda mengungkapkan bahwa respon positif terhadap peristiwa Ghozali memungkinkan masyarakat jadi lebih tahu tentang NFT.


Hal ini juga membuat komunitas global ikut dan mulai melirik potensi pasar teknologi NFT di Indonesia.


Semakin banyak orang tahu tentang NFT, maka orang-orang dengan karya seni yang hebat bisa memiliki penghasilan baru. Tak hanya itu, perekonomian bangsa pun ikut maju dan terus berkembang.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno turut mengomentari maraknya tren NFT ini.


Ia berpendapat bahwa tren teknologi NFT di Indonesia mampu menciptakan lapangan kerja baru hingga membangkitkan ekonomi masyarakat.


Tak ketinggalan, Ridwan Kamil dan pelukis jalanan sempat menjual karya seni sebagai aset NFT di salah satu marketplace aset digital.


Bisa dikatakan bahwa adanya teknologi NFT di Indonesia, pengaruh untuk segi perekonomian sangat berdampak positif dengan menyediakan pilihan lain untuk berkarya sekaligus mendapat penghasilan.


Itulah pembahasan mengenai pengertian, cara kerja, dan pengaruh teknologi NFT di Indonesia. Gunakan teknologi NFT dengan baik, agar hasil yang diterima pun juga sama baiknya.


(mdt)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar