NFT “Bored Jamet Punks Club” Ludes Terjual dalam 2 Jam

Muhammad Iqbal Mawardi . February 21, 2022

Foto: Bored Jamet Punks Club

Teknologi.id – NFT merupakan sebuah fenomena bisnis digital yang tengah tren saat ini. Baru-baru ini, NFT karya seorang seniman lokal anonim dengan nama karya Bored Jamet Punks Club, berhasil terjual 200 NFT dalam 12 jam setelah perilisannya.

Koleksi ini bisa dibilang sebagai parodi dari NFT Bored Ape Yacht Club dengan memasukkan unsur lokalitas. Seperti namanya, koleksi pixel art ini menggambarkan 2.020 karakter-karakter dengan penampilan style punk ala “jamet”, yakni istilah sehari-hari yang merupakan akronim “jawa metal”.

Sejauh ini, NFT Bored Jamet Punks Club sudah merilis 200 karakter unik lewat platform OpenSea dengan total trading volume sebanyak $19.000 USD atau sekitar Rp. 274 juta, empat hari sejak perilisannya di tanggal 11 Februari 2022 lalu.

Baca juga: TokoMall dan .TEMU Rilis Koleksi NFT, Bisa Dapat Diskon Seumur Hidup

Dijual perdana dengan harga 0.002 Ethereum atau sekitar 50.000 rupiah, sekarang Bored Jamet Punks Club mempunyai harga rata-rata di $54 atau sekitar Rp. 700.000 menurut statistik NFT Stats. Bored Jamet Punks Club dikabarkan akan mengeluarkan koleksi NFT lebih banyak lagi.

Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital berbasis teknologi blockchain yang sedang populer di dunia kripto karena nilainya bisa mencapai puluhan juta dolar AS. Sebagian besar NFT diperdagangkan menggunakan ether (ETH), koin buatan Ethereum.

Fungibility adalah kemampuan suatu aset untuk ditukar atau diganti dengan aset serupa yang memiliki nilai yang sama. Contohnya kamu bisa menukar uang kertas Rp10.000 dengan dua lembar uang kertas Rp. 5.000 dan nilainya tetap sama. Sementara itu, token adalah aset digital yang mewakili barang, layanan, atau bentuk nilai lainnya.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar