Mark Zuckerberg: "NFT Akan Hadir di Instagram"

Farrel Yudhistira . March 16, 2022

Foto: BBC


Teknologi.id - Instagram kini akan semakin di depan pada perang sosial media, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Meta, induk perusahaan dari Instagram, akan menambahkan fitur NFT ke Instagram, menurut Engadget dan The Daily Beast. Meskipun dia tidak menjelaskan dengan tepat seperti apa bentuknya, Mark mengatakan selama sesi di South By Southwest bahwa "selama beberapa bulan ke depan, kemampuan untuk membawa beberapa NFT anda, mudah-mudahan seiring waktu dapat mencetak hal-hal dalam lingkungan ini."


NFT merupakan singkatan dari “non-fungible token,” dan secara teknis dapat berisi apa pun secara digital, termasuk gambar, GIF, lagu, atau item dalam video game. NFT memungkinkan anda untuk membeli dan menjual kepemilikan barang digital unik dan melacak siapa yang memilikinya menggunakan blockchain.  


Belakangan ini sudah ada pembicaraan hangar bahwa hal ini akan datang. Tahun lalu, pemimpin Instagram Adam Mosseri mengatakan timnya "secara aktif mengeksplorasi NFT" tetapi tidak memiliki pengumuman secara resmi. Pada bulan Januari, rumor terdengar bahwa tim di Facebook dan Instagram sedang mengerjakan integrasi NFT. Rumor tersebut menyebutkan bahwa ada kemajuan pada fitur untuk memungkinkan anda menggunakan NFT sebagai profil dan membuat NFT di platform dan diskusi seputar pembuatan pasar baru.


BACA JUGA: Ketika NFT Masuk ke Ranah Politik di Korea Selatan


Kedua fitur pertama itu mirip dengan apa yang telah disebutkan Zuckerberg di atas panggung baru - baru ini, tetapi masih belum jelas apa artinya mencetak NFT di Instagram. Bisakah anda menjual poster populer sebagai NFT? Atau membuat NFT yang berfungsi sebagai izin agar orang dapat melihat cerita tertentu? Meta belum mengeluarkan pemberitahuan secara resmi, meskipun tampaknya kemampuan pencetakan tidak akan datang sampai lebih jauh.


Namun, ide untuk dijadikan pasar sepertinya bisa lebih jauh, karena tampaknya tidak mendapatkan referensi langsung dari Zuckerberg, meskipun penilaian besar - besaran dari situs seperti OpenSea kemungkinan membuatnya menjadi usaha bisnis yang menarik.


Tentu saja, terdapat juga beberapa hal mengenai metaverse di sini. Zuckerberg dikabarkan tengah berbicara mengenai pencetakan pakaian avatar anda sebagai NFT dan membawanya "di antara tempat anda yang berbeda." Zuckerberg telah berbicara tentang NFT dan metaverse sebelumnya, ia mengatakan bahwa hal ini dapat melihat mereka sebagai bagian dari tata kelola dunia digital. Sekarang, sepertinya dirinya telah menganggap mereka sebagai objek digital, sesuatu yang dibawa oleh Meta sebelumnya.


(FY)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar