WhatsApp Pay Segera Berlaku di Brasil, Berikutnya Indonesia?

Fabian Pratama Kusumah . April 05, 2021

Foto: Kabarbisnis

Teknologi.id - WhatsApp Pay pekan lalu dikabarkan sudah mendapat persetujuan dari bank sentral di Brasil untuk menjalankan aktivitas transfer uang di dalam aplikasi.

Dengan demikian, layanan pembayaran digital anyar dari WhatsApp itu pun bisa segera beroperasi dan berkompetisi langsung dengan aneka bank dan pelaku fintech lainnya di ranah transfer dana.

"Kami (WhatsApp) sedang melakukan persiapan akhir agar pembayaran di WhatsApp mulai tersedia di Brasil secepat mungkin," kata juru bicara WhatsApp dikutip dari Kompas hari Senin 05 April 2021.

Pemanfaatan WhatsApp Payments saat ini hanya terbatas pada transfer uang antar-pengguna, alias peer-to-peer.

Baca juga: Cara Agar Foto di Grup WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis

Pengguna belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga. Untuk bisa memanfaatkan layanan WhatsApp Pay, pengguna harus mendaftarkan kartu kredit dari bank rekanan WhatsApp.

Yaitu Visa dan Mastercard yang berperan menangani proses transfer. Sebelumnya, WhatsApp Pay sendiri telah resmi meluncur di Brasil pada Juni 2020 lalu.

Tetapi akhirnya diblokir oleh pemerintah Brasil tidak lama setelahnya karena belum memperoleh lisensi yang diperlukan dari bank sentral.

Sebelumnya WhatsApp ingin bergabung dengan lisensi Mastercard dan Visa, tetapi akhirnya WhatsApp menuruti ketentuan dan mengurus izin sebagai payment initiator.

Sedangkan untuk kedua rekanannya itu bertindak sebagai processor. Mastercard dan Visa juga harus memperoleh lisensi baru dari bank sentral untuk bisa bekerja sama dengan WhatsApp.

Baca juga: Cara Baca Chat Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim, 100% Work!

WhatsApp diketahui memiliki lebih dari 120 juta pengguna di Brasil. Meski sudah mendapat izin, WhatsApp belum mengumumkan tanggal resmi layanan ini bisa digunakan.

WhatsApp Payment juga sempat disebut akan hadir di Indonesia dengan menggandeng sejumlah mitra lokal. Namun, hingga kini masih belum ada kelanjutan kabarnya.

Di Indonesia untuk layanan e-wallet meningkat pesat khususnya pada saat pandemi.  Menurut data Bank Indonesia, aktivitas pembayaran digital sepanjang Januari 2020 sudah mencapai lebih dari 457 juta transaksi dengan valuasi sekitar Rp15,87 triliun.

Menarik untuk ditunggu jika WhatsApp Payment jadi masuk ke Indonesia, apakah dapat bersaing dengan kompetitor yang telah ada, atau justru kurang diminati oleh masyarakat.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar