Whatsapp Multi-device Sudah Bisa Digunakan, Akankah Efektif?

Dira Afiani . July 15, 2021

Foto: The Verge

Teknologi.id - Whatsapp akhirnya merilis fitur terbarunya yaitu Multi-device dan sudah bisa digunakan oleh para pengguna. Didukung dengan beta terbaru, fitur ini membuat pengguna untuk bisa membuka Whatsapp di PC tanpa bantuan jaringan internet.

Sebelum adanya fitur ini, para pengguna harus menyambungkan PC nya dengan internet dahulu agar bisa membuka Whatsapp web. Namun kini, terobosan terbaru dari pihak Whatsapp menghapus ketentuan tersebut dan tengah mengembangkan alur data yang baru untuk pengirimiman pesan.

CEO Whatsapp, Will Cathart, menyampaikan tentang alur data tersebut di Twitter. Ia menyampaikan bahwa meskipun ponsel tidak terhubung ke jaringan internet, namun alur data Whatsapp website tetap terjaga dengan sistem end to end encryption. Sistem ini menjamin pesan atau komunikasi antara kedua belah pihak tidak akan diintiip oleh peretas.

End to end encryption juga didukung oleh Transport Layer Security (TLS) yang bertujuan untuk memastikan transmisi data tetap aman serta memastikan tingkat integritas pengguna komunikasi tinggi.

"Kini anda bisa menggunakan pengalaman desktop atau web meski ponselnya tidak aktif dan terhubung ke internet. Semua dilindungi dengan enskripsi end-to-end," ucap Cathart melaui Tweetsnya yang dikutip dari DetikInet, Kamis (15/7/2021).

Cathard juga menjelaskan fitur Multi-device sudah di proses sejak lama. Fitur desktop dan web befungsi sebagai mirroring dari Whatsapp ponsel yang berarti ponsel harus terus menyala dan terhubung ke internet jika ingin mengakses Whatsapp web.


Baca juga: Cara Agar Foto di Grup WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis

Selama ini, pekerja atau pengguna yang diharuskan mengakses Whatsapp web sering mengeluhkan terlambat masuk yang disebabkan jaringan internet di ponsel terganggu.

Berdasarkan informasi gambar yang tertera dalam website Whatsapp, terdapat perbandingan gambar antara alur data sistem lama dan sistem baru. Dari gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa ponsel memiliki kemampuan dalam mengenkripsi serta mendeskripsi pesan yang dikirim maupun diterima.

Pengguna baru bisa mengaktifkan fitur Multi-device setelah terdaftar sebagai menjadi penguji beta. Pihak Whatsapp sendiri berkata akan terus meningkatkan performa dari fitur ini.

(DA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar