WhatsApp GB Viral, Intip Fitur Unggulannya dan Bahayanya

Fabian Pratama Kusumah . February 02, 2021

Foto: santif

Teknologi.id - "WA GB" menjadi trending pada aplikasi Twitter hari ini (Selasa, 02 Februari 2021). Saat ini sudah ada lebih dari 6.000 cuitan tentang WA GB di Twitter.

WA GB pertama kali trending berawal dari akun @subtanyarl yang mengunggah screenshot yang berisi menjelaskan bahaya menggunakan WA GB karena beresiko dan tidak aman.

Namun justru mendapat banyak komentar negatif yang seakan tidak peduli dengan resiko tersebut. Cuitan pertama di akun @subtanyarl juga telah diretweet lebih dari 900 kali dan mendapatkan lebih dari 13 ribu likes.

Baca juga: Cara Agar Foto di Grup WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis

Dilansir dari Kompas dan Gadget House pada hari Selasa 02 Februari 2021, WhatsApp GB adalah aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi atau akrab disebut WhatsApp Mod. Pembuatnya adalah anggota senior XDA Developer.

WhatsApp GB merupakan modifikasi dari WhatsApp Plus, yang juga merupakan aplikasi hasil modifikasi. WhatsApp Plus sendiri sudah diblokir oleh pihak WhatsApp.

Sebagai catatan, WhatsApp GB tidak akan ditemukan di Play Store. Aplikasi ini hanya bisa diunduh lewat APK dari sumber pihak ketiga, seperti situs web.

Melakukan download pada aplikasi tidak resmi tentu sangat berbahaya terutama mengenai keamanan privasi pengguna. Banyaknya peminat WhatsApp GB karena adanya sederet fitur yang tidak dipunyai pada versi WhatsApp resmi.

Seperti yang dicuitkan pengguna Twitter, WhatsApp GB menawarkan beberapa fitur di antaranya mempunyai tema dan ikon yang banyak, menghilangkan status "sedang mengetik", menghilangkan centang dua, membaca pesan yang sudah dihapus, mengganti gaya huruf, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Baca Chat Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim, 100% Work!

WhatsApp GB juga memungkinkan penggunanya dapat melihat status WhatsApp meskipun sudah dihapus oleh si pembuat dan mengunduh status yang muncul di WhatsApp tanpa harus melakukan screenshot.

Selain WA GB ada juga WhatsApp modifikasi yang banyak dipakai oleh pengguna misalnya WhatsApp Plus dan YoWhatsApp karena alasan serupa yaitu banyak fitur yang tidak dimiliki WhatsApp versi resmi.

Sebagai catatan penting, meskipun WhatsApp modifikasi memiliki banyak fitur tetapi percakapan yang dilakukan oleh pengguna tidak dienkripsi sehingga sangat mudah untuk diakses oleh developer aplikasi tersebut.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar