Update Pencarian Eril: Interpol Resmi Rilis Yellow Notice

Teknologi.id . June 02, 2022

Foto: kemlu.go.id

Teknologi.id - Organisasi kepolisian internasional atau Interpol resmi merilis Yellow Notice untuk membantu pencarian Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang hilang di Sungai Aare, Swiss pekan lalu.

"Ya betul, Interpol sudah merilis Yellow Notice Eril," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (2/6).

Dedi mengungkapkan bahwa dengan diterbitkannya Yellow Notice tersebut membuat seluruh negara yang menjadi anggota Interpol telah menerima informasi kehilangan tersebut dan diminta segera melaporkan atau pun bertindak sesuai hukum masing-masing negara jika mengidentifikasi lokasi Eril berada.

"Dari Interpol pusat yang ditujukan kepada seluruh anggota Interpol dunia," ungkap Dedi.

Baca juga: Interpol Turun Tangan Bantu Pencarian Emmeril

Kadiv Humas Mabes Polri : Arus.Lalu Lintas dari Gerbang Tol  Kalikangkung-Cikampek Terpantau Ramai Lancar - BPKP news
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Foto: BIN

Dijelaskan oleh Dedi, pengajuan penerbitan Yellow Notice merupakan langkah proaktif dari Polri untuk ikut membantu pencarian anak dari orang nomor satu di Jawa Barat tersebut.

"Polri berkerja sama dengan Interpol, kepolisian Swiss dan KBRI setempat terus memantau secara aktif perkembangan di lapangan," jelas Dedi.

ICPO (International Criminal Police Organization) atau yang lebih dikenal dengan Interpol merupakan organisasi kepolisian internasional terbesar di dunia dengan jumlah negara anggota sebanyak 190 negara anggota yang berkantor pusat di Lyon, Perancis.

Sementara itu, Yellow Notice merupakan pemberitahuan yang diterbitkan untuk membantu menemukan orang hilang, diculik, atau pun untuk  mengidentifikasi seseorang yang tidak dapat mengidentifikasi dirinya sendiri.

Baca juga: Waduh, Warganet Ramai-ramai Hujat Sungai Aare di Google Maps

Sebagaimana diberitakan, Eril dilaporkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Kamis (26/5/2022) sore waktu setempat. Ketika itu dirinya berenang dengan sang adik Camillia Laetitia Azzahra dan temannya.

Adik Eril dan temannya berhasil selamat, namun nasib berbeda dialami Eril yang hilang terseret arus deras dan belum diketemukan hingga saat ini.

Sudah memasuki hari ketujuh pihak kepolisian dan tim SAR Swiss terjun ke lapangan, namun pencarian Eril belum membuahkan hasil. Kendati demikian, KBRI Bern dan kepolisian Swiss terus mengupayakan berbagai macam cara untuk melakukan operasi pencarian Eril.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar