Uji Vaksin Merah Putih pada Tikus, Peneliti Unair: Aman!

Misye Berlianti . August 18, 2021

Foto: ANTARA FOTO/Demas Revlyanto

Uji praklinik I vaksin Merah Putih yang dilakukan oleh Tim Peneliti Universitas Airlangga (Unair) pada tikus transgenik sebagai objek penelitian menghasilkan aspek keamanan dan imunogenisitas yang baik.

Ketua Peneliti Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair), Fedik Abdul Rantam mengatakan bahawa progres uji vaksin Merah Putih saat ini tengah berada di tahap uji klinik II pada hewan makaka atau primata sebagai objek penelitian. Setelah uji praklinik tersebut telah selesai, selanjutnya akan dilakukan uji klinik vaksin dengan sasaran manusia sebagai objeknya.

“Kami sudah sampai uji praklinik I dan II. Yang pertama hasilnya baik dari sisi imunogenisitas, kemudian safety juga baik, termasuk toxicity di dalamnya. Kemudian pendekatan respons imun tidak hanya humoral tapi juga seluler, dan menghasilkan sesuatu hasil yang menjanjikan,” ujar Fedik dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Badan POM RI, pada Hari Rabu (18/8).

Fedik belum bisa memberikan informasi yang lebih detail mengenai hasil uji klinik II pada hewan makaka tersebut dikarenakan saat ini Unair masih dalam tahap proses untuk merampungkan uji praklinik pada hewan besar tersebut.

Meskipun demikian, ia menilai bahwa uji klinik II ini menghasilkan progres yang cukup baik.

“Namun, sementara respons beberapa imun yang kita dapatkan, mulai dari fisik dan fisiologi makaka tersebut, dan adanya respons imun seluler dan antibodi, ini menunjukkan tren yang lebih baik,” ujarnya.

Selain Unair, terdapat lima instansi lainnya yang ikut mengembangkan vaksin Merah Putih, yaitu LBM Eijkman, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPOM, Penny K Lukito mengatakan bahwa dari enam lembaga dan universitas yang mengembangkan vaksin Merah Putih tersebut, vaksin yang dibuat oleh Unair memiliki progres paling cepat jika dibandingkan dengan lembaga lainnya.

 

 

(MB)

Lama Tak Terdengar, Ini Kabar Baru dari Vaksin Merah Putih

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar