Udah Tau Belum? Konten YouTube Kini Bisa Jadi Jaminan Utang ke Bank

Naufal Fadillah Ramadhan . July 24, 2022

Sumber: Freepik

Teknologi.id - Mungkin terdengar asing kalau jaminan utang dengan bank bisa dibayar dengan konten YouTube yang kamu buat? Ya, sekarang kamu bisa melakukannya. Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi para content creator YouTube yang ingin mengajukan pinjaman. Kamu tidak perlu lagi memberikan jaminan properti atau jaminan harta benda lainnya sebagai jaminan untuk pinjamanmu. Lalu, bagaimana mekanisme dan syaratnya untuk mengajukan jaminan hutang dengan konten Youtube?

Ketentuan tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif pada 12 Juli 2022 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 12 Juli 2022. Berdasarkan penjelasan tersebut, skema pembiayaan berbasis Kekayaan Intelektual (KI) adalah skema pembiayaan yang menjadikan KI sebagai obyek jaminan hutang bagi lembaga keuangan bank atau nonbank. 

Baca juga: Pelajari Algoritma YouTube agar Memperoleh Views Jutaan!

Dengan PP yang telah disetujui itu, kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna Laoly, Presiden Jokowi mengizinkan produk bersitifikat kekayaan intelektual, salah satunya lagu, sebagai jaminan hutang. 

"Jadi kalau kita mempunyai sertifikat kekayaan intelektual atau merek kah, atau hak cipta lagu kah, kalau sudah lagu kita ciptakan masuk ke YouTube kalau sudah dia jutaan viewers itu sertifikatnya sudah punya nilai jual. Kalau kita tiba-tiba membutuhkan uang, kita bisa gadaikan di bank," kata Yasonna di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, Kamis (21/7).

Yasonna menambahkan, kebijakan tersebut sejatinya adalah bentuk keterpihakan untuk melindungi dan mengutilisasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Dengan demikian, para konten kreator yang telah membuat konten dengan kriteria terpenuhi dapat dijadikan sebagai jaminan.

Menurutnya, nilai dari HAKI bisa dipantau dari potensi pendapatan yang akan diterima. Lembaga keungan akan menentukan tinggi rendahnya nilai kekayaan intelektual.

"Semakin tinggi value dan potensi ekonomi dari karya cipta, merek atau paten yang dimiliki tersebut maka nilai pinjaman yang akan diberikan pun akan semakin besar. Peraturan tersebut juga mensyaratkan bahwa kekayaan intelektual harus ditetapkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual," paparnya.

Syarat Konten yang Dapat Dijadikan Jaminan

Sumber: VOI

Jika kamu salah kreator konten yang sudah mempublish konten di platform YouTube, kamu perlu memenuhi kriteria berikut agar konten kamu dapat dijadikan sebagai obyek jaminan hutang. KI yang dapat diajukan sebagai jaminan hutang memenuhi dua syarat, yaitu:

  • Telah tercatat atau terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum; dan
  • Sudah dikelola baik secara sendiri dan/atau dialihkan haknya kepada pihak lain.

Konten YouTube termasuk sebagai salah satu di antara KI yang bisa dijadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman selama memenuhi dua persyaratan di atas. 

Berdasarkan penjelasan Yasonny, disimpulkan bahwa konten YouTube apapun dapat dijadikan sebagai jaminan hutang ke bank/ nonbank selama kontennya memenuhi syarat tadi. Tidak ada spesifikasi khusus terkait durasi atau bentuk konten yang perlu dipenuhi. Jika kamu membuat konten, misal lagu, shortmovie, iklan, animasi, dailylife, dan jenis konten lainnya yang sudah terdaftar di Kemenkumham dan memiliki setifikat, kamu sudah memenuhi kriteria tersebut. 

Industri Kreatif

Sumber: GreatDayhr

Apa saja sektor industri kreatif di Indonesia setelah Bekraf dibentuk? Ini dia listnya!

  1. Kuliner
  2. Fashion
  3. Kriya
  4. TV dan Radio
  5. Penerbitan
  6. Arsitektur
  7. Games Developer
  8. Periklanan
  9. Video, Animasi, dan Film
  10. Musik
  11. Fotografi
  12. Seni Petunjukkan
  13. Desain Produk
  14. Desain Interior
  15. Seni Rupa
  16. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Lalu, mengapa industri kreatif ini justru menjadi sebuah wadah yang didukung oleh pemerintah sehingga dunia perkontenan dapat diintegrasikan dengan peminjaman dan hutang piutang? Ternyata, pada tahun 2018 industri kreatif memberikan kontribusi besar dengan nilai 7,44% terhadap total perekonomian nasional.

Selain bermanfaat juga pada pemasukan ekonomi negara, industri ini memberikan peluang bagi para pebisnis dan juga pekerja untuk menuangkan kreativitas positif mereka dalam berkarya. Hal ini akan berdampak pula pada tenaga kerja di Indonesia menjadi tenaga kerja produktif.

Baca juga: Fun Facts Mengenai Google yang Jarang Diketahui Orang!

Jika hal ini terjadi, angka pengangguran yang menyesakkan Indonesia dapat ditekan keberadaanya. Peran signifikan industri kreatif bagi perekonomian Indonesia dapat dilihat daru berdirinya Bekraf yang menaungi ekonomi kreatif di Indonesia. Pemerintah seolah mendukung para creator untuk bekarya agar keberadaan mereka dapat memberika value tersendiri bagi Indonesia. Hal baiknya, mungkin saja kamu akan dilirik oleh perusahaan luar karena karyamu yang begitu autentik.

(nfr)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar