Tilang Elektronik di Tol Diberlakukan, ini Teknologi yang Dipakai

Fabian Pratama Kusumah . April 01, 2022

Foto: Korlantas Polri

Teknologi.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya hari ini (01 April 2022) mulai menerapkan tilang elektronik bagi pengendara di ruas tol Jadetabek.

Tilang elektronik berlaku bagi seluruh kendaraan pribadi, termasuk mobil sport. Aturan batas kecepatan maksimum kendaraan di jalan tol yang ditentukan adalah 100 km/jam.

"Untuk pelanggaran batas kecepatan berlaku bagi semua jenis kendaraan. Karena aturan batas maksimal kecepatan dalam tol adalah 100 km/jam," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP, dikutip dari Detik.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan sistem tilang ini menggunakan teknologi kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE).

Kamera ETLE akan mengawasi kendaraan sepanjang hari alias 24 jam, dan akan melakukan penindakan capture.

Baca juga: Pengendara yang Lakukan ini Kena Tilang Elektronik di Jalan Tol

"Ada dua pelanggaran yang ditindak. Pelanggaran pertama ialah pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kedua adalah pelanggaran batas muatan," kata Sambodo.

Menurut Sambodo, Kebijakan ini telah disosialisasikan kepada masyarakat sejak 1 Maret 2022 lalu. Pada masa uji coba tersebut pihaknya belum mengenai sanksi bagi para pelanggar.

Lokasi kamera di jalan tol ditempatkan di 5 titik yang akan mengawasi kecepatan kendaraan, yakni:

  • Tol Jakarta-Cikampek
  • Tol Jakarta-Cikampek Tol Layang MBZ
  • Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta
  • Tol Dalam Kota
  • Tol Kunciran-Cengkareng.

Sedangkan, untuk pengawasan kelebihan muatan diawasi alat weight in motion (WIM) yang ada di tol JORR dan tol Jakarta-Tangerang.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar