Setelah Instagram, LinkedIn dan Spotify akan Tiru Clubhouse

Fabian Pratama Kusumah . April 01, 2021

Foto: Liputan6

Teknologi.id – Clubhouse beberapa waktu lalu sempat booming karena dinilai membuat inovasi baru di bidang sosial media yaitu fitur audio dalam suatu grup.

Beberapa aplikasi lain akhirnya mengikuti jejak Clubhouse dan membuat fitur serupa. Setelah Xiaomi, Twitter, Instagram, Induk TikTok Bytedance, kini ada LinkedIn dan Spotify yang juga ingin membuat fitur serupa.

LinkedIn mengkonfirmasi pihaknya sedang menguji fitur audio sosial ini di aplikasinya yang memungkinkan kreator terhubung dengan komunitas mereka.

LinkedIn akan membuat fitur ini berbeda dengan Clubhouse karena pengguna terhubung dengan identitas profesional pengguna bukan hanya profil sosial.

Baca juga: Xiaomi Bakal Hidupkan Kembali Mi Talk, Saingi Clubhouse?

LinkedIn mengatakan pengembangan fitur serupa Clubhouse ini muncul karena kebutuhan anggota dan kreator untuk berkomunikasi di platform dengan berbagai cara.

"Kami melihat hampir 50% pertumbuhan percakapan di LinkedIn tercermin dalam cerita, pembagian video, dan posting di platform," ujar juru bicara LinkedIn Suzi Owens, dilansir dari Tech Crunch, Kamis 01 April 2021.

LinkedIn percaya pengalaman audio yang dihubungkan dengan identitas profesional akan membuat pengguna nyaman berbicara, berkomentar, dan akan aktif dalam hal membuat konten.

Bukan tanpa alasan LinkedIn bikin fitur serupa Clubhouse. Pada tahun 2020, sekitar 21 juta orang menghadiri event di LinkedIn, dan sesi.

Baca juga: Clubhouse Booming, Instagram Siapkan Pesaing

Dikutip dari CNBC Indonesia, tahun lalu sebanyak 740 juta anggota global LinkedIn membangun komunitas, melakukan percakapan, dan berbagi pengetahuan, dengan 4,8 miliar koneksi dibuat.

Sedangkan Spotify baru saja mengumumkan telah mengakuisisi Betty Labs, developer aplikasi live-audio bernama Locker Room yang mirip Clubhouse.

Aplikasi ini juga platform eksklusif di iOS yang dirancang khusus untuk para penggemar olahraga, musik, dan budaya.

“Melalui pengalaman live baru ini, Spotify akan menawarkan beragam program olahraga, musik, budaya, serta sejumlah fitur interaktif,”

Baca juga: Bisakah Dapatkan Uang dari Clubhouse?

“Sehingga memungkinkan konten kreator terhubung dengan penonton secara real time," kata Spotify, dalam unggahan blog, dikutip dari XDA Developers, Kamis 01 April 2021.

Lebih lanjut, Spotify juga akan memberikan kesempatan kepada beberapa kreator seperti atlet profesional, penulis, musikus, penulis lagu, podcaster, dan beberapa tokoh global lainnya untuk mengadakan diskusi real time, debat, hingga ask me anything (AMA).

Namun untuk peluncuran fitur ini baik pada LinkedIn maupun Spotify, belum ada tanggal resmi yang ditentukan. Menarik ditunggu apakah banyak pengguna yang tertarik atau tetap setia pada Clubhouse.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar