Postingan Taliban dilarang pada Facebook&Whatsapp, Kenapa?

Kevin . August 18, 2021


Credit: CNBC


Teknologi.id - Peristiwa yang sedang terjadi di Afghanistan sudah menjadi rahasia umum, adanya kelompok propaganda bernama Taliban yang tengah menguasai negara tersebut menjadi perbincangan teratas pada ranah media sosial. Dalam perkembangannya konten mengenai kelompok propaganda tersebut dibanned oleh sejumlah platform media sosial seperti Facebook dan Whatsapp.

Dilansir melalui CNBC, pelarangan tersebut sudah diberlakukan sejak lama, hal tersebut dilatarbelakangi oleh faktor yang salah satunya, kelompok propaganda tersebut masuk dalam daftar kelompok yang dianggap sebagai teroris di Amerika Serikat.

Juru Bicara Facebook menambahkan, "Taliban dianggap menjadi kelompok yang masuk daftar teroris di Amerika Serikat, Dan kami melarang  konten mereka di bawah naungan Dangerous Organization policies.

Juru Bicara tersebut menegaskan bahwa pelarangan ini berlaku pada setiap akun yang terlibat, mendukung, mewakili atau bahkan berasal dari kelompok propaganda tersebut.

Pengadaan pelarangan konten yang berhubungan dengan Taliban ini turut menyertakan pembentukan tim khusus bahkan berasal dari Afghanistan di Facebook guna memfilter adanya kecolongan konten maupun akun yang terkait.

Sementara dalam penuturan wakil dari Whatsapp, meski banyaknya pelaporan terkait pertukaran informasi dalam layanan pesan pribadi yang berhubungan dengan Taliban melalui aplikasinya, Whatsapp merespon akan menindaklanjuti jika menemui adanya kejanggalan-kejanggalan yang terkait. Facebook menambahkan bila Whatsapp menggunakan AI guna mendukung dalam pemantauan penyalahgunaan aplikasi terkait kelompok propaganda tersebut.


KV




Taliban, Kelompok yang Menguasai Afghanistan Saat Ini

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar