Pesawat Kiamat untuk Perang Milik Amerika Disiagakan, Ada Apa?

Fabian Pratama Kusumah . March 04, 2022

Foto: Airways Magazine

Teknologi.idDoomsday Plane atau Pesawat Kiamat milik Amerika Serikat (AS) senilai $200 juta ini terlihat terbang di atas langit Nebraska.

Situs web pelacakan penerbangan militer menunjukkan Boeing 747 yang dimodifikasi, yang memiliki tanda panggilan "GORDO15", telah lepas landas dari pangkalan Angkatan Udara AS di Nebraska dan melakukan misi disertai dengan jet peringatan dini khusus lainnya yang digunakan untuk melacak rudal balistik.

Pesawat Kiamat ini merupakan versi utama dari Air Force One atau pesawat kepresidenan AS.

Disebutkan bahwa Boeing 747 E-4B ini dirancang untuk melindungi pejabat tinggi pemerintah AS dari serangan nuklir.

Doomsday Plane dapat mengisi bahan bakar di udara dan tetap mengudara dan beroperasi selama 35,4 jam dalam satu tugas, dan dapat beroperasi dalam penerbangan selama seminggu penuh tanpa perlu mendarat.

Pesawat itu memiliki serangkaian fitur pertahanan. Dalam situs resminya, Angkatan Udara AS menjelaskan pesawat memiliki sistem yang bisa mendukung elektronik canggih dan beberapa peralatan komunikasi.

Angkatan Udara AS bersikeras bahwa penerbangan tersebut merupakan agenda "rutin" dan bukan merupakan langkah pencegahan terjadinya perang.

Baca juga: Rusia Kini Berhenti Menjual Mesin Roket Ke AS

“E-4B melakukan misi operasional dan pelatihan, yang memerlukan perjalanan ke berbagai lokasi, baik di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia,”

“Penerbangan pada 28 Februari adalah agenda rutin dan bukan merupakan tanggapan atas tindakan yang terjadi di tempat lain di dunia,” kata juru bicara USAF dikutip dari iNews.

Pemerintah AS mengatakan pada hari Senin lalu bahwa tidak akan ada perubahan dalam sikap nuklir Amerika.

Presiden Joe Biden menekankan pada konferensi pers bahwa Amerika tidak memiliki alasan untuk takut akan perang nuklir dengan Rusia.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar