Mirip Zoom, Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bagikan Link Undangan Video Call ke 32 Orang

Aji Reza Mahendra . September 27, 2022



Foto: Meta


Teknologi.id - WhatsApp menghadirkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya melakukan video call dalam jumlah banyak secara bersamaan. Fitur itu dinilai sebagai langkah WhatsApp dalam menyaingi kompetitornya.

Dilansir dari The Verge, lewat fitur ini, pengguna WhatsApp akan dapat membagikan sebuah tautan (link) kepada 32 pengguna sekaligus. Mereka yang memiliki link tersebut bisa bergabung dalam sebuah video call.

Fitur baru ini sebenarnya telah diumumkan CEO Meta, Mark Zuckerber melalui profile Facebooknya.

Baca juga: Manusia Tidak Dapat Mengontrol AI Super, Fenomena Ultron Dapat Terjadi?

"Kami mengeluarkan link panggilan di Whatsapp, dimulai dari pekan ini sehingga Anda bisa membagikan link untuk memulai panggilan dengan satu ketukan. Kami juga mengetes panggilan video terenkripsi hingga 32 orang. Akan ada lebih banyak lagi," tulis Zuckerberg akun Facebooknya, Selasa (27/9/2022).

Fitur link panggilan ini akan mendukung video dan audio. Perluasan jumlah panggilan ini membuat WhatsApp ikut bersaing dengan Google Meet, Microsoft Teams dan Zoom.

Sejauh ini, ketiga kompetitor itu masih unggul dalam banyak hal terutama kapasitas panggilan. Google Meet dan Microsoft Teams dapat menampung hingga 100 orang, sedangkan Zoom bisa sampai 300 orang.

Baca juga: Raker Tertutup dengan DPR, BIN Siapkan Keamanan Siber Jelang Pemilu 2024

Rencananya, link panggilan akan tertera di bagian atas kolom 'panggilan' atau calls. "Create call link, share a link for your WhatsApp call," kira-kira tulisan itu yang nantinya akan tertera di kolom tersebut.

Bagi pengguna WhatsApp yang ingin menggunakan fitur ini harus memperbarui aplikasi mereka ke versi mutakhir.

Mengutip 9to5mac, WhatsApp pada tahun ini telah merilis beragam fitur. Anak perusahaan Meta itu telah merilis antara lain reaksi (emoji) untuk pesan, meningkatkan batasan anggota grup, memperbaiki grup obrolan dengan memperboleh admin menghapus pesan atau membiarkan anggota grup keluar secara diam-diam.

(arm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar