Kiamat TV Analog 2 November Namun Bertahap

Aji Reza Mahendra . October 24, 2022

Foto: Suara Merdeka

Teknologi.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, mengatakan TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) akan dimatikan sesuai jadwal yakni 2 November 2022. Namun, dalam kebijakan terakhir, ASO tidak dilakukan bersamaan pada tanggal ini, tetapi secara bertahap.

"Dapat kami sampaikan dari 514 kabupaten kota di Indonesia, yang akan dilakukan ASO saat ini pada 2 November, yaitu 8 kota dan kabupaten di 4 wilayah siaran, telah dilaksanakan ASO pada bulan April yang lalu," ucap Menkominfo dalam konferensi pers di YouTube, Senin (24/10/2022).

Jabodetabek sendiri yang terdiri atas 9 kabupaten dan kota akan dilaksanakan ASO pada 2 November 2022 bersamaan dengan 173 kabupaten kota non terrestrial atau yang tidak ada layanan televisi terrestrial. Kota dan kabupaten lainnya akan menyusul sesuai kesiapan masing-masing wilayah.

"Dengan demikian ada 222 kabupaten kota yang total ASO (di 2 November-red) dan masih terdapat 292 kabupaten kota yang akan kita lakukan ASO sesuai kesiapan kesiapan wilayah," tutur Menkominfo.

Baca juga: Demi Tangani Kejahatan di Dunia Virtual, Interpol Luncurkan Kantor Metaverse Sendiri

Dalam hal infrastruktur, sejauh menyangkut proliferasi set-top box TV digital, masih dalam masa pertumbuhan. Sejauh ini, dekoder telah didistribusikan secara khusus kepada 479.000 rumah tangga miskin di Jabodetabek. Jadi, sementara pemerintah menyediakan 76% dan 24% televisi komersial, distribusinya mencapai 98,44%.

"Dengan demikian kita harapkan pelaksanaan ASO pada 2 November di Jabodetabek bisa berjalan dengan baik. Selanjutnya kami akan meneliti ASO untuk wilayah kabupaten kota untuk segera ASO sesuai kesiapan wilayah masing-masing," jelas Menkominfo.

Selama ASO Jabodetabek, pemerintah akan mendirikan posko-posko dan nantinya jika ada televisi Kominfo akan melayani terutama masyarakat miskin yang tidak dapat menerima siaran digital karena belum mendapatkan dekoder. Namun, kalangan menengah yang televisinya tidak memenuhi standar televisi digital diminta segera memasang set-top box TV digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika menginginkan publik dapat menyaksikan siaran Piala Dunia November mendatang di TV digital. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD senada dengan Menkominfo mengatakan, ASO akan dilaksanakan pada 2 November mendatang dan akan dilaksanakan secara bertahap karena masih ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

(arm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar