Kamera Tilang Elektronik Bakal Bisa Deteksi Pengendara yang Tidak Punya SIM

Muhammad Akhtar Jabbaran . November 30, 2022

Sumber Foto: CNN


Teknologi.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana untuk meningkatkan fitur kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ ETLE) yang bisa mengetahui apakah pengendara mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui teknologi face recognition.

"Jadi nanti akan menjamur kamera dengan face recognition, jadi bisa menangkap wajah secara real time, selain itu juga disediakan fitur yang dapat mengetahui nama, alamat, serta memiliki SIM ataupun tidak, nanti dapat ditemukan," kata Direktur Kemudian Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, Senin (28/ 11).

Polda Metro Jaya hendak menjalakan kerja sama dengan Dinas Kependudukan serta Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk mengembangakn kamera ETLE dengan fitur face recognizition ini karena Dukcapil memiliki database warga di wilayah tertentu.

"Kita hendak kerja sama dengan Dukcapil," ucapnya.

Tetapi Latif belum menyampaikan kapan fitur tersebut mulai digunakan pada sistem ETLE Direktorat Kemudian Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya karena masih dalam proses pengembangan. Hal ini dilakukan karena Ditlantas Polda Metro Jaya sudah meniadakan tilang manual serta seluruhnya mempraktikkan sistem tilang elektronik.

Baca juga: Asal-Usul Kamera Pertama Kali Ditemukan oleh Seorang Muslim, Siapa Dia?

Kapolri menginstruksikan Korlantas Polri supaya memaksimalkan ETLE statis serta mobile dan kurangi tilang manual dalam rangka memberantas praktik pungli di kalangan Polantas.

Instruksi tersebut tertuang dalam Pesan Telegram Kapolri No: ST/ 2264/ X/ HUM. 3. 4. 5./ 2022 bertepatan pada 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Terpaut perihal tersebut Direktorat Kemudian Lintas Polda Metro Jaya menindaklanjuti dengan menarik segala novel tilang dari jajaran polisi kemudian lintas selaku salah satu langkah mengarah peniadaan tilang manual.

Per hari ini, Polda Metro Jaya tengah memiliki 57 titik kamera ETLE statis dalam rangka menindak pelanggar lalu lintas.

Jumlah tersebut hendak ditambah dengan 10 kamera ETLE mobile yang terpasang di kendaraan patroli serta 70 titik kamera ETLE statis baru pada 2023.

Baca juga: Genjot Visi Jadi Negara Penghasil Kendaraan Listrik, Indonesia Bangun Pabrik Lithium

(MAJ)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar