Jembatan yang Menghubung Cina-Russia Pertama, Simaklah Info!

Suraj Hariramani . August 21, 2021

Foto: Russia briefing

Pemerintah Cina telah selesai membangun rel kereta yang berhubung  dengan negara tertangganya, Russia.  Konstruksi pada jembatan tersebut berlangsung sejak tahun 2014, dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 2021.

Dikutip South China Morning Post, anggaran dana untuk  jembatan itu diperkirakan mencapai nilai US$355 juta, atau sekitar Rp5 milyar.

Menurut CNN, struktur ini memiliki panjang 2.215 meter, dengan mayoritas meliputi 1.886 meter yang berada di sisi Cina. Proyek ini diberikan nama jembatan Tongjiang-Nizhneleninskoye, yang juga merupakan nama kota yang dihubungkan. Jembatan tersebut dilaporkan dapat menangani 21 juta metrik ton kargo per tahun.

Dikutip Radio Nasional Cina, dengan adanya jembatan ini, jarak transportasi kereta api dari provinsi Heilongjiang China ke Moskow melalui Tongjiang akan dipersingkat 809 kilometer, memotong 10 jam waktu transportasi.

Dampak dari keberhasilan konstruksi tersebut diperkirakan akan memperkuat hubungan bilateral antara Cina-Russia. Pemerintah Cina menyatakan tujuan untuk memungkinkan perjalanan dari Tiongkok ke London melalui kereta api.

Berdasarkan laporan globaltimes, jembatan tersebut akan dibuka untuk lalu lintas tahun ini dan beroperasi penuh pada tahun 2022.

SH

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar