Ini Tampilan dan Fitur Baru Android 12 yang Resmi Diumumkan

Fabian Pratama Kusumah . May 19, 2021

Foto: Blog Google

Teknologi.id - Android 12 resmi diumumkan dalam ajang Google I/O yang berlangsung Rabu dini hari (19/5/2021). Update sistem operasi mobile ini membawa perubahan tampilannya.

Selama beberapa tahun terakhir, Google hanya sedikit memoles UI Android. Tapi kali ini Google merombak besar-besaran tampilan Android sehingga benar-benar membawa penyegaran.

VP of Product Management, Android & Google Play, Sameer Samat menuturkan bahwa Android 12 dibuat berdasarkan semua yang disuka tentang Android.

Berfokus pada pembuatan ponsel yang sangat pribadi yang menyesuaikan pengguna dan mengembangkan sistem operasi yang aman secara default serta membuat semua perangkat bekerja lebih baik bersama-sama.

Baca juga: Awas, Instal Aplikasi dari APKPure Ada Virus Berbahaya ini

Personalisasi

Foto: Blog Google

Di Android 12, pengguna dapat mempersonalisasi ponsel sepenuhnya dengan palet warna khusus dan widget yang didesain ulang.

Dengan menggunakan apa yang Google sebut ekstraksi warna, pengguna dapat memilih wallpaper, dan sistem secara otomatis menentukan warna mana yang terbaik.

Kemudian menerapkan warna-warna tersebut di seluruh OS: notifikasi, lock screen, kontrol volume, widget, dan banyak lagi.

Google membuat notifikasi lebih intuitif dan menyenangkan. Quick Settings kini memungkinkan pengguna mengontrol secara praktis seluruh sistem operasi dengan swipe dan satu ketukan.

Area Quick Settings tidak hanya terlihat berbeda, kini turut disertakan Google Pay dan Home Controls, serta dimungkinkan melakukan penyesuaian sehingga pengguna dapat memiliki semua yang paling dibutuhkan di satu tempat yang mudah diakses.

Di Android 12, pengguna dapat menekan lama tombol power untuk memanggil Google Asisten agar melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, mengajukan pertanyaan, atau membacakan artikel.

Baca juga: Fitur Baru Android untuk Ingatkan Penggunanya yang Berjalan

Privasi dan Keamanan

Foto: XDA Developers

Android 12 menyertakan fitur baru yang memberi pengguna lebih banyak transparansi tentang aplikasi mana yang mengakses data, dan lebih banyak kontrol sehingga mereka dapat membuat pilihan yang tepat tentang seberapa banyak informasi pribadi yang dapat diakses aplikasi.

Dikutip dari Detik, Privacy Dashboard yang baru menawarkan satu tampilan ke pengaturan izin serta data apa yang sedang diakses, seberapa sering dan oleh aplikasi mana.

Hal Ini juga memungkinkan pengguna dengan mudah mencabut izin aplikasi langsung dari Dashboard.

Di luar fitur privasi baru di Android 12, Google memperkenalkan fitur Android Private Compute Core. Tujuannya untuk menjaga informasi pribadi tetap aman, bersifat pribadi, dan lokal ke dalam ponsel.

Android 12 beta baru bisa dinikmati di beberapa perangkat Google Pixel. Nantinya OS ini bisa dipakai oleh perangkat lain yang diberikan oleh vendor masing-masing Android.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar