Ini Hasil Tes Kecepatan 5G di Kota Bandung

Muhammad Iqbal Mawardi . June 08, 2021

Foto: iStockPhoto

Teknologi.id – Untuk warga Bandung, jaringan 5G yang disediakan Telkomsel sudah bisa saat ini sudah dapat dinikmati secara terbatas. Uji kecepatan sinyal 5G di Kota Kembang ini mencapai kecepatan 642 Mbps.

Jaringan 5G Telkomsel di Kota Bandung ini tergolong ngebut. Di Bandung, sinyal 5G dapat dinikmati di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kecepatan rata-rata jaringan 5G ini mencapai 636 - 642 Mbps.

Pada uji coba di Telkom University, Kabupaten Bandung didapatkan kecepatan unduh 642 Mbps dan kecepatan unggah 89,6 Mbps. Sedangkan uji coba kedua yang dilakukan di ITB yang beralamat di Tamansari, Kota Bandung mendapat kecepatan unduh 636 Mpbs dan kecepatan unggah 88,9 Mbps.

Baca juga: Jaringan 5G Bisa Matikan PlayStation dan Xbox, Mengapa?

Telkomsel sendiri telah menghadirkan jaringan 5G ini di sembilan kota sejak diresmikan pada 27 Mei 2021 lalu. Sembilan kota tersebut yakni Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Balikpapan.

Sebelumnya dalam acara Hyper 5G Unlock The Future, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, kecepatan jaringan 5G sebenarnya bisa jauh lebih cepat dari 796 Mbps. Di Solo kecepatan unduh 5G Telkomsel menembus 814 Mbps dan kecepatan unduh 30 Mbps.

Direktur Human Capital Management Telkomsel R Muharam Perbawamukti mengatakan, pihaknya akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi dan latensi rendah.

"Serta mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar pemangku kepentingan yang memiiiki tujuan kuat yang sama dalam melakukan transformasi digital untuk mendukung aktivitas keseharian," ucap Muharam.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar