Fitur Terbaru YouTube Bernama Clip, Apa Fungsinya?

Fabian Pratama Kusumah . February 02, 2021

Foto: mainmain.id

Teknologi.id - YouTube tengah menguji sebuah fitur baru yang bernama Clip. Fitur ini berfungsi untuk membuat cuplikan dari sebuah video. Cuplikan tersebut berdurasi minimal 5 detik dan maksimal 60 detik.

Fitur ini dapat dipakai untuk memotong pada bagian video yang sedang ditonton kemudian dapat dibagikan melalui sebuah tautan.

Singkatnya, Clip dapat membuat video singkat seperti karakter trailer film. Fitur ini bisa digunakan memotong klip baik di unggahan pribadi, maupun video dari pengguna lain.

Baca juga: Cara Akses YouTube Premium Gratis Selamanya!

Fitur ini sebenarnya bukan yang terbaru dalam hal inovasi karena sudah ada sebelumnya yaitu fitur yang dimiliki aplikasi Twitch.

Dikutip dari Kompas pada hari Selasa tanggal 02 Februari 2021, pengguna yang kebagian menguji coba fitur ini, akan mendapati sebuah tombol baru di bagian bawah video tepat di sebelah tombol like dan dislike.

Tombol tersebut berbentuk ikon gunting. Untuk mulai menggunakan Clip, cukup diklik ikon tersebut. Maka akan muncul halaman "Create Clip" di samping video yang akan diedit.


Pengguna kemudian melakukan geser kursor ke kanan atau ke kiri untuk memilih bagian video, setelah itu dapat dipotong sesuai dengan titik yang dipilih.

Tidak hanya dapat memilih video dengan waktu yang berurutan tetapi juga dapat memotong bagian video yang diminati (waktunya tidak harus berurutan) dan kemudian menyusunnya dalam urutan sesuai yang diinginkan. 

Setelah selesai memilih bagian mana yang akan dipotong, klip tersebut juga bisa ditambahkan judul sebelum dibagikan ke platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Reddit, dan lainnya.

Baca juga: Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Meski Layar HP Dimatikan

YouTube mengatakan bahwa fitur Clip ini tidak akan tersedia bagi pengguna akun YouTube Kids. Sebagai catatan, YouTube Kids sendiri merupakan platform khusus bagi anak-anak yang dirilis pada 2015 lalu.

Selain itu, Clip juga tidak dapat ditemukan pada video yang mempunyai durasi panjang misalnya lebih dari delapan jam.

Unggahan Clip yang sudah dibagikan akan hilang secara otomatis apabila video aslinya dihapus oleh pemilik akun atau diubah menjadi mode privat.

Selain itu, YouTube juga mengatakan bahwa klip bisa saja terdapat iklan di dalamnya, khususnya untuk yang berdurasi lebih dari 30 detik.

(fpk)

author1
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar