Fenomena GB WhatsApp, Apakah Aman Digunakan?

Hayuni Alfiana P. . March 31, 2023


Foto: Getty Images


Teknologi.id - Sudah tidak merasa asing bukan dengan aplikasi WhatsApp GB? Sebagaimana yang telah kita ketahui, ada banyak aplikasi messenger di dunia, seperti Instagram, Facebook, Line, dan Twitter. Namun, di antara seluruh aplikasi tersebut, WhatsApp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan. Alasan di balik popularitasnya adalah dengan beragam fitur yang disediakan.

Selain itu, kini telah hadir pula bentuk modifikasi WhatsApp yang mempunyai banyak fitur dan fungsi yang lebih canggih. WhatsApp versi mod ini disebut GBWhatsApp, jika ingin menginstal aplikasi tersebut kalian tak perlu menghapus WhatsApp.

Baca juga: Cara Ganti Tema Keren di GB WhatsApp

GBWhatsApp merupakan varian modifikasi WhatsApp yang popular dengan sejumlah fitur tambahan yang dapat memberikan kinerja lebih baik daripada versi asli WhatsApp. Aplikasi tersebut mempunya fitur canggih, seperti opsi privasi, peningkatan pengiriman pesan, Anti-Ban, mode DND, dll. 

Selain itu, aplikasi GBWhatsApp versi terbaru diklaim aman dan cepat tanggap, sebab proses pengembangannya terus dilakukan dengan fungsionalitas baru setiap harinya, bahkan ada kemungkinan tak terbatas di dalam opsi penyesuaian. 


Foto: MobileTran


Versi mod ini dikembangkan oleh sekelompok programmer, yaitu grup GB. Mereka mengembangkan WhatsApp mod berdasarkan WhatsApp Plus, bekas mod WhatsApp. Pemogram merubah kode sebenarnya dari file APK untuk menghadirkan fitur baru dan menghindari kesamaan fitur yang sudah ada. Melalu GBWhatsApp, kalian dapat menyesuaikan aplikasi dalam hal fitur dan tampilan.

Sayangnya, aplikasi mod ini hanya tersedia untuk pengguna Android saja. Pengguna iOS belum bisa menggunakan aplikasi ini karena sistem yang ada tidak mengizinkan adanya penginstalan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: Fitur Menarik GB WhatsApp (WA GB) yang Jarang Diketahui Warganet

GBWhatsApp hadir dengan banyak fitur tambahan yang dapat dijelajahi para penggunanya. Salah satunya adalah dengan memiliki lebih dari satu akun, pengguna bisa mengelola semua akun tersebut dalam satu aplikasi saja. Fitur ini lah yang menjadi alasan penting mengapa banyak orang memakai aplikasi GBWhatsApp.

Foto: MobileTran

Fitur lainnya adalah pengguna bisa mendapatkan tema yang dibuat oleh pengguna lain dari aplikasi ini, tentunya semua itu dipakai secara gratis tanpa biaya apapun. Berbeda dengan versi aslinya, versi mod ini tersedia dalam beberapa bahasa, di antaranya termasuk Cina, Spanyol, dan Inggris.

Kemudian fitur privasi yang ditawarkan juga menarik banyak minat pengguna. Versi yang sudah dimodifikasi ini memberikan pilihan perihal privasi seperti apa yang akan pengguna terapkan. Hal ini akan memberi pengguna kendali penuh atas aplikasi yang digunakan, dan pengguna dapat memutuskan apakah ketersediannya terlihat oleh seluruh kontaknya atau tidak.

Lantas, dengan segala kemudahan dan beragam fitur yang diberikan, apakah membuat aplikasi versi mod ini aman digunakan? Pernah berpikir tidak bagaimana keamanan yang ditawarkan sebanding dengan data pribadi yang kita berikan? Meski sampai kini tidak ada insiden jual beli data pribadi lewat GBWhatsApp. 

Namun, GBWhatsApp tidak aman digunakan sebab pengguna aplikasi ini dilarang keras oleh WhatsApp, apilkasi dasar yang resmi. Rupanya ada banyak penyedia GBWhatsApp yang membuat peningkatan resiko dengan menggunakan data pribadi melalui malware.

Baca Juga: Kamu Pengguna GBWhatsApp dan WhatsApp Plus? Awas Kena Blokir

Penyedia mengklaim jika pengguna dapat menyimpan perangkat mereka selama mereka mengunduh file dari situs web terpercaya. Akan tetapi, pengembang aplikasi yang menggunakan kode dari aplikasi WhatsApp asli tanpa lisensi apapun mengartikan jika tidak ada pilihan untuk memverifikasi kredibilitas aplikasi. Apakah versi mod ini bebas dari malware atau virus?

Selama itu adalah file pihak ketiga, maka pengguna tidak memiliki jaminan apakah datanya akan disalahgunakan atau tidak. Namun, satu yang pasti popularitas aplikasi GBWhatsApp semakin meningkat setiap tahunnya. 

Dari informasi yang diberikan di atas, dapat ditarik kesimpulan jika GBWhatsApp merupakan aplikasi versi mod yang sangat diminati banyak orang sebab fitur dan fungsi yang disediakan sangat beragam, yang mana semua itu tidak tersedia di WhatsApp asli. Misalnya, fitur balasan otomatis, opsi privasi, mengubah tema, dan font, dan sebagainya. 

Dikarenakan GBWhatsApp memiliki server yang kurang aman, maka tentu saja pengguna tidak dapat menyangkal kemungkinan adanya malware dan virus. Selain itu, aplikasi tersebut tidak lah resmi, dan WhatsApp asli bisa kapan saja mencekal penggunanya jika ketahuan menggunakan versi mod. 

Gimana, kalian yakin tetap menggunakan GBWhatsApp?

(hap)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar