Breaking News, Jokowi Izinkan Aktivitas Luar Ruangan Tanpa Masker

Teknologi.id . May 17, 2022

Foto: dok. Sekretariat Presiden RI

Teknologi.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi menyampaikan keputusan untuk melonggarkan penggunaan masker di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," ujar Jokowi seperti disiarkan langsung via saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam pernyataan pers yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5) petang tersebut, Jokowi menginstruksikan bahwa pemakaian masker di luar ruangan atau di area terbuka saat ini sudah tidak diwajibkan.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka boleh untuk tidak menggunakan masker," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Temui Elon Musk di Pabrik Roket SpaceX

Meski begitu, bagi warga yang berkegiatan di ruangan tertutup atau bepergian menggunakan transportasi publik, penggunaan masker masih tetap berlaku.

"Kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," lanjut Jokowi.

Selain itu, Jokowi menekankan penggunaan masker juga tetap berlaku bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

"Demikian juga masyarakat yang alami gejala batuk pilek maka tetap harus gunakan masker ketika melakukan aktivitas," jelas Jokowi.

Baca juga: Terima Undangan Jokowi, Elon Musk November ke Indonesia

Di samping pelonggaran kebijakan pemakaian masker, Jokowi juga melonggarkan kebijakan tes usap PCR atau Antigen bagi pelaku perjalanan.

Kebijakan tersebut berlaku bagi masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap, yakni dosis pertama, kedua, dan ketiga.

"Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen," tandas Jokowi.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar