Bjorka Orang Indonesia? Begini Kata Putra Aji Adhari Pembobol Situs NASA

Aji Reza Mahendra . September 22, 2022

Foto: Suara.com

Teknologi.id - Identitas asli dari hacker Bjorka hingga saat ini belum diketahui dan menjadi tanda tanya besar. Pemerintah juga masih gencar untuk memburu peretas yang sudah berhasil membocorkan data masyarakat dan pejabat Indonesia itu.

Beberapa waktu lalu, seorang pemuda penjual es di Madiun ditangkap polisi dan dijadkan tersangka dalam kasus Bjorka. Pemuda yang diketahui namanya Muhammad Agung Hidayatullah alias MAH itu berperan menyediakan kanal Telegram yang bernama Bjorkanism dan dijual ke hacker Bjorka.

Belakangan ini seorang pemuda yang bernama Putra Aji menjadi perbincangan usai buka-bukaan menyebut kemungkinan Bjorka adalah orang Indonesia. Putra Aji yang pernah mebobol situs NASA juga mengatakan bahwa Bjorka merupakan tim, bukan individu.

Siapakah Putra Aji? Apakah dia kredibel untuk berbendapat tentang Bjorka?

Baca juga: Hacker Bjorka Ternyata Punya 127 BTC, Setara dengan 41 Miliar Rupiah!

Profil Putra Aji dan Rekam Jejak Pengalaman Hackernya

Lahir 1 Februari 2004 Putra Aji merupakan putra dari empat bersaudara dan dirinya adalah anak bungsu. Sekarang dirinya berusia 18 tahun dan masih duduk di bangku SMA.

Ia sempat menjadi perbincangan publik karena pada 2019 lalu ia berhasil meretas situs NASA, saat itu umurnya masih 15 tahun. Dengan kemampuan hebatnya tersebut, banyak yang mengajak Putra Aji untuk bergabung dengan proyek penetrasi situs.

Putra Aji belajar meretas secara otodidak lewat Google, kemudia ia juga bergabung dengan sebuah komunitas. Ia memang mulai menekuni dan belajar tentang dunia peretasa sejak usia 12 tahun. Setelah beberapa bulan menyelam, kemampuannya cukup pesat bahkan ia mampu meretas website salah satu bank di Indonesia.

Baca juga: Jadi Hacker Digaji? Ini Nominalnya!

Disebutkan bahwa Putra Aji pernah mendapat kontrak proyek satu bulan seharga Rp25 juta. Beberapa pelanggan yang juga memakai jasa pentest Putra Aji adalah bank plat merah dan swasta. Ia juga beberapa kali mendapat proyek dari salah satu media online dan lainnya. Pendapatan dari hasil kerjanya dikumpulkan untuk meningkatkan perangkat kerjanya.

Puncaknya Putra Aji berhasil meretas dan membobol situs NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serika) yang pastinya sulit sekali untuk dibobol. Saat itu ia mendapatkan tawaran kerja sebagai Chief Technology Officer (CTO) di salah satu perusahaan startup.

Melihat profile Instagram @putraajidhari_, dirinya sekarang bekerja sebagai Founder dan CEO salah satu platform Cybersecurity. Ia juga menjabat sebagai CTO dari startupgen.

Bjorka Orang Indonesia?

Putra Aji mengungkap bahwa kemungkinan besar sosok Bjorka itu masih orang Indonesia. Namun untuk domisilisnya sendiri, ia tak bisa menyebutkan karena opininya berdasarkan spekulasi yang berasal dari Internet.

"Kalau masalah domisili, saya tidak tahu ya, tapi ini kesimpulan yang saya ambil dari internet. Terus kayak spekulasi-spekulasi dari masyarakat kelihatannya kayak masih orang Indonesia sih Bjorka ini. Tapi kita tetap hasil nunggu hasil statement pemerintah Indonesia aja," ucap Putra Aji.

Ia juga menyebut bahwa Bjorka adalah tim dan bukan individu. Dia menyebutkan tidak masuk akal Bjorka terus-terusan membocorkan data jika dia hanya seorang diri.

"Kalau yang saya baca di berita sih Bjorka ini memang tim gitu sih. Logika aja sih sehabis bocorkan data KPU di forum blackhead. Nah terus dua bulan itu dia langsung membocorkan data-data lainnya jadi nggak masuk akal kalau dia sendiri," lanjut Putra Aji.

Namun semua itu hanya lah spekulasi dan kepastian di mana dan siapa Bjorka belum ada yang mengetahui hingga sekarang.

(arm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar