Bill Gates Tunjukkan CV Jadulnya yang Berusia 48 Tahun, Ini Penampakannya

Aprilia Khairul Amalia . July 05, 2022

Foto: News18

Teknologi.id - Sebagai pencari kerja, menulis CV yang sempurna seringkali merupakan tantangan terberat untuk memulai dan mendapatkan karir impian dan masa depan. 

Dalam banyak pekerjaan, CV yang baik adalah kriteria pertama yang harus dipenuhi oleh seorang kandidat. Pencari kerja sering kewalahan untuk membuat CV yang sempurna yang akan mengarahkan mereka ke jalan menuju karir impian dan masa depan mereka. Seperti yang sudah kita ketahui, CV menjadi syarat wajib untuk melamar pekerjaan.

Bill Gates sebagai salah satu orang terkaya di dunia dan pendiri Microsoft, baru-baru ini telah menghebohkan publik dengan memposting tentang CV lamanya di LinkedIn untuk mendorong mereka yang kesulitan mencari pekerjaan dan untuk meningkatkan kepercayaan diri dari jutaan pencari kerja yang masih muda di seluruh dunia.

   Foto: LinkedIn

Ia membawa para pengikutnya kembali nostalgia ke masa lalu, pria berusia 66 tahun itu membagikan resumenya dari 48 tahun yang lalu. Berinteraksi dengan para pengikutnya, dia mengatakan bahwa menurutnya resume mereka lebih baik daripada miliknya. 

"Apakah Anda baru saja lulus atau putus kuliah, saya yakin resume Anda akan lebih baik dari saya 48 tahun yang lalu," kata Gates. 

Di resume tersebut, tertulis nama 'William H. Gates' yang mengacu pada nama aslinya William Henry Gates III. Resume tersebut hanya berisikan satu halaman yang terdiri dari nama asli Bill Gates hingga pengalaman kerjanya.

Baca juga: Bill Gates: NFT dan Crypto Berawal Pada Teori Bodoh

Ada satu bagian halaman menegenai pengalaman kerjanya dari tahun 1971 hingga sekitar tahun 1973. Salah satunya mengatakan "saat ini bekerja dengan Paul G. Allen", salah satu pendiri Microsoft Corporation. 

Ia juga mencatatkan kuliah tahun pertamanya di Harvard College. Selain itu, Bill Gates juga mengambil kursus dalam struktur sistem operasi, manajemen basis data, grafik komputer, dan lainnya. Berkat isi dari resume tersebut,

Bill Gates pernah berhasil memperoleh gaji sebesar USD 12,000 pada tahun tersebut. Jika dikonversikan dengan inflasi saat ini, nilainya setara dengan USD 71,000 atau sekitar Rp1 miliar.

Beberapa netizen bahkan mengomentari dan terkagum-kagum dengan resume Bill Gates, yang membuktikan bahwa pria kelahiran 1955 itu sangat berpengalaman meski masih muda. Selain itu, beberapa netizen juga menyoroti informasi pribadi yang ditulis Bill Gates seperti tinggi dan berat badan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Bacaan Bill Gates 2022

"Staf! Kami bekerja dari jarak jauh tetapi pada hari Senin Anda harus datang ke kantor. 90rb per tahun (USD Standar, BUKAN Bitcoin). Bisakah Anda mulai Rabu depan? ”, kata salah satu pengguna.  

"Hai Bill, sungguh menakjubkan betapa banyak informasi pribadi yang dimasukkan dalam resume mengenai tinggi, berat, dll. Terima kasih telah berbagi!" tulis pengguna lain. 

Bill Gates juga menekankan bahwa para pencari kerja harus menekankan kata "komitmen" saat melakukan pekerjaan. Bukan sekedar membangun, berkreasi atau berkembang seperti kebanyakan pekerja saat ini.

Ada juga salah satu pengguna yang mencoba menebak bagaimana resume itu dibuat, "Itu resume yang sangat mengesankan untuk anak muda 48 tahun yang lalu. Struktur resumenya dan backgroundnya bagus. Saya tidak tahu printer apa dan perangkat lunak apa yang digunakan untuk ini, bukan Word! ... mungkin mesin ketik! "

Kesalahan di CV

Ada beberapa kesalahan dalam resume Bill Gates yang perlu disoroti oleh para pencari kerja yang tidak perlu dilakukan, yakni mencantumkan data pribadi seperti tinggi badan dan berat badan, adanya kartu bisnis di kiri atas resume yang seharusnya dihindari oleh para pencari kerja, dan penulisan kata dalam resume yang kurang tepat.

Terlepas dari banyaknya kekurangan dari resume Bill Gates, tetapi Bill Gates berhasil menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Dari resume tersebut, para pencari kerja dapat mengetahui dan menyoroti apa saja kelebihan dari resume Bill Gates yang menjadikannya sukses, sehingga dapat dicontoh oleh para pencari kerja.

Bill Gates sendiri memiliki lebih dari 35 juta pengikut di LinkedIn. Diharapkan resume miliknya ini dapat memberikan motivasi untuk orang-orang yang sedang berjuang mencari pekerjaan.

Beberapa pengguna mengatakan bahwa resume Bill Gates sangat bagus dan berterima kasih padanya telah berbagi momen nostalgia ini. 

(AKA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar