Berikut Spesifikasi Laptop Buatan Rusia, Tanpa Teknologi Amerika!

Obi Ramdhani . June 13, 2022


Poto : nesabamedia.com


Teknologi.id - Meskipun Rusia mendapatkan banyak sekali sanksi setelah dilakukannya invasi kepada negara Ukraina, akan tetapi negara Rusia tidak gentar dan saat ini malah membuat sebuah laptop buatan Rusia yang diklaim tidak memiliki teknologi Ameika sama sekali, ada banyak sekali sanksi yang didapatkan mulai dari sektor ekonomi sampai teknologi.

Dengan adanya sanksi terhadap sektor teknologi tersebut yang tentu saja termasuk software dan juga hardware negara Rusia yang dipimpin oleh Putin saat ini dilarang untuk menggunakan produk dan juga komponen dari beberapa negara karena sanksi tersebut.

Baca juga : Microsoft Hadirkan Lebih Banyak Game Pass Ultimate

Hal ini tentu saja membuat Rusia harus mencari jalan lain karena perusahaan seperti Google, Apple hingga Intel saat ini sudah pergi dari negara tersebut, dalam berbagai aspek situasi Rusia saat ini hampir mirip dengan Huawei yang mana perusahaan asal China tersebut akhirnya bisa mengembangkan sebuah perangkat serta software mereka sendiri yang mana Tidak melibatkan teknologi asal Amerika.

Rusia saat ini juga mengikuti jejak yang sama seperti Huawei yaitu mengembangkan sebuah laptop buatan Rusia tanpa memakai teknologi satupun asal dari negara Amerika, hal ini seperti yang dikutip pada GizChina, Senin (13/6/2022), Rusia berencana akan meluncurkan sebuah perangkat buatan mereka sendiri, dan untuk perangkatnya sendiri adalah sebuah laptop yang mereka beri nama Bitblaze Titan BM15 adapun perangkat ini dibuat oleh perusahaan Rusia yaitu promobit.

Adapun untuk spesifikasi dari laptop ini sendiri yaitu menggunakan prosesor " Baikal-M " buatan mereka sendiri, kemudian laptop ini juga memberikan layar IPS 1080p 15,6 inci, tidaknya itu laptop ini juga menghadirkan memori yang cukup lumayan besar yaitu sebesar 16 GB dan untuk penyimpanannya sendiri laptop ini sudah memberikan penyimpanan yang cukup besar yaitu dilengkapi dengan SSD 512 GB.

Selain itu laptop ini juga memiliki fitur lain seperti fitur wi-fi dan juga bluetooth serta memiliki juga USB 3.0, HDMI, USB Type-C dan juga RJ-45 serta yang terakhir laptop ini juga memiliki audio Jack dan diberikan kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 6000 mAh. Nantinya laptop ini akan dibuat dalam dua versi yaitu yang pertama adalah varian paduan aluminium konvensional dan yang kedua adalah versi paduan titanium.

Baca juga : Indonesia Jadi Negara Kedua dengan Internet Terlemot di Asean!

Dan untuk chipsetnya sendiri laptop Ini menggunakan arsitektur TSMC 28 nm dan juga arsitektur octacore yang mengintegrasikan core Cortex-A57 berkecepatan sampai dengan 1,5 GHz , chip tersebut mengadopsi dari inti GPU Mali-T628 MP8 yang berkecepatan sampai dengan 750 MHz, cheat tersebut juga mendukung dual channel yaitu DDR4-2400. Adapun untuk OS dari laptop buatan Rusia ini memakai OS Astra Linux atau Alt Linux.

Rencananya untuk batch pertama perilisan dari laptop buatan Rusia ini akan dirilis dengan jumlah 1000 unit dan akan dirakit pada beberapa bulan ke depan, adapun untuk harganya sendiri laptop ini akan dijual mulai dari harga US$1.608 atau bila dirupiahkan sekitar 23 juta sampai dengan US$1.929 atau sekitar 28 juta.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar