Benarkah NeoCov Varian Baru Covid-19 yang Mematikan?

Fabian Pratama Kusumah . February 02, 2022

Foto: News Medical

Teknologi.id – Belum lama ini di media sosial dibuat heboh karena kemunculan virus NeoCov. Banyak spekulasi yang muncul sehingga menimbulkan kepanikan.

NeoCov merupakan jenis baru atau jenis lain dari virus corona, seperti SARS-CoV-2 atau Covid-19. Ini bukan varian baru seperti Omicron atau Delta.

NeoCoV merupakan julukan untuk Neoromicia Capensis, virus baru yang diidentifikasi pada kelelawar. Para ilmuwan China menemukannya di Afrika Selatan baru-baru ini.

NeoCoV diyakini sebagai sejenis Mers-CoV, para ilmuwan yang berbasis di Wuhan memperingatkan bahwa NeoCoV dapat menyebabkan masalah jika ditransfer dari kelelawar ke manusia.

WHO mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan efeknya pada manusia.

"Apakah virus yang terdeteksi dalam penelitian akan menimbulkan risiko bagi manusia akan memerlukan penelitian lebih lanjut," kata WHO dikutip dari kantor berita TASS.

Pakar infeksi yang juga mantan direktur penyakit menular WHO Regional Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama, mengingatkan bahwa kemunculan virus-virus jenis baru sudah terjadi sejak dahulu dan selalu ada dari waktu ke waktu.

Baca juga: Ilmuwan Pakai Sinar-X untuk Deteksi Covid-19, Cepat dan Akurat

Sementara itu, dari segi penularan, tidak ada bukti sejauh ini yang menyebut bahwa virus itu bertransmisi dengan sangat cepat dan masif.

Peneliti menyebut bahwa studi mengenai NeoCov ini masih terus dilakukan "Kita perlu melihat lebih banyak data yang mengkonfirmasi infeksi pada manusia dan tingkat keparahan yang terkait sebelum menjadi cemas,"

Ungkap Profesor Lawrence Young, seorang ahli virus di Universitas Warwick, kepada The Independent.

Sejauh ini, kekhawatiran bahwa virus NeoCoV ini akan bermutasi sehingga bisa menyerang manusia sebagaimana SARS-CoV-2 masih sebatas teori dan kekhawatiran saja. Oleh sebab itu ia berharap tidak timbul kepanikan yang tidak perlu.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar