AirAsia Ride Hadir di Malaysia, Bagaimana dengan Indonesia?

Muhammad Iqbal Mawardi . September 01, 2021


Foto: Twitter (@airasia)

Teknologi.id – Maskapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia baru saja mengeluarkan inovasi terbarunya. AirAsia dikabarkan membuka layanan ride hailing atau yang biasa kita kenal dengan transportasi online.

Layanan transportasi online AirAsia ini baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu. Layanan transportasi online AirAsia ini baru tersedia di Malaysia saja, seperti di kota Kuala Lumpur dan beberapa kota lainnya.

Tarif AirASia Ride

Melansir Malay Mail, Lim Chiew Shan selaku CEO AirAsia Ride Malaysia, menjelaskan bahwa layanan tersebut menawarkan tarif rata-rata 1 Ringgit Malaysia per km atau sekitar Rp 3.458 per km.

"Penumpang dapat memesan perjalanan berdasarkan permintaan waktunya (booking) atau memesan perjalanan mereka secara langsung," ucap Lim.

Lim menjelaskan layanan yang digarapnya ini telah memiliki 1.500 pengemudi yang sudah terdaftar di platform AirAsia. Lim menyebut sebanyak 5.000 orang diprediksi akan bergabung selama enam bulan ke depan dengan status ekspansi nasionalnya.

Baca juga: Munculnya Pesaing Baru Grab & Gojek Bernama Foodpanda

Bagi Hasil Pihak AirASia Ride dan Driver

Bicara mengenai pendapatan, Lim mengatakan bahwa AirAsia Ride hanya mengambil potongan dari para pengemudi sebesar 15%. Itu artinya, pengemudi AirAsia Ride bisa mengambil 85% pendapatan dari tarif sekali perjalanan.

"Ini akan membuat pendapatan lebih tinggi daripada yang ditawarkan oleh penyedia layanan pemesanan kendaraan lainnya di pasar, menjadikannya pilihan pekerjaan paruh waktu yang layak dan peluang penghasilan sampingan, ucap Lim.

Kehadiran AirAsia Ride di Negara Lain

Tony Fernandes selaku CEO AirAsia mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki rencana untuk meluncurkan layanan AirAsia Ride di negara lain. Beberapa negara incarannya adalah Thailand, Filipina, Singapura, dan tentunya Indonesia.

"Respons dari driver (di Malaysia) sangat luar biasa dan masyarakat sangat menantikan layanan ini," ucap Tony.

Mari kita tunggu seperti apa layanan AirAsia Ride yang akan meluncur di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar