AI Gemini 1.5 Pro Kini Hadir Lewat Gdocs dan Gmail, Bisa Bantu Sempurnakan Tulisan!

ai geminiFoto: Google

Teknologi.id - Google baru-baru ini menambahkan fitur AI Gemini pada plarform Workspace seperti Gmail, Gdocs, Spreadsheet, Gdrive, dan Gslide. Dalam acara keynote Google I/O hari Selasa lalu, perusahaan ini mengatakan bahwa Gemini 1.5 Pro akan tersedia di sidebar Workspace sebagai jaringan penghubung berbagai aplikasi dengan tenaga AI yang dapat mengotomatiskan dan memudahkan kerja pengguna.

Wakil Presiden Google Workspace, Aparna Pappu menyebutkan adanya Gemini di Workspace adalah cara untuk menghemat waktu dan tenaga dalam mencari file, email, dan data lainnya dari berbagai aplikasi. "Workspace di era Gemini akan terus membuka cara-cara baru untuk menyelesaikan berbagai hal," ujar Pappu pada acara tersebut.

ai gemini
Foto: Google

Gemini 1.5 Pro sendiri adalah suatu model AI ciptaan Google yang lebih canggih dari Gemini 1.0 Ultra, dan merupakan rebranding chatbot dari chatbot Bard. Josh Woodward selaku VP Google Labs menjelaskan bahwa Gemini 1.5 Pro punya 2 juta token context window atau jumlah informasi yang dapat dipahami oleh model AI.

Gemini 1.5 Pro dipembaruan ini akan menjadi asisten virtual di platform Workspace dan akan mengetahui semua hal yang telah pengguna simpan di mana saja.

Tim Google Workspace mengoptimalkan Gemini secara bertahap. Langkah pertama adalah menambahkan berbagai fitur generatif "Help me" dalam aplikasi-aplikasi Workspace. Langkah kedua adalah membuat sidebar yang memungkinkan pengguna menyelesaikan berbagai tindakan di seluruh aplikasi Workspace melalui Gemini.

Baca Juga: Google Berencana Luncurkan Mesin Pencari Berbayar Berbasis AI


Gemini 1.5 Pro memiliki context window yang lebih panjang yang memungkinkan Gemini untuk mengatur, memahami, dan mengontekstualisasikan data pengguna dari berbagai aplikasi tanpa meninggalkan aplikasi.

Contoh kasusnya adalah Gemini dalam Workspace dapat membandingkan lampiran tanda terima, meringkas utas email yang panjang, atau menyoroti poin-poin penting dari rekaman rapat.

ai gemini
Foto: Google

Google juga menunjukkan demo yang memungkinkan Gemini membantu proses pengembalian barang yang dibeli via e-commerce dengan mencari tanda terima di kotak masuk, mengisi formulir pengembalian, sampai memesan kurir secara otomatis.


Untuk saat ini, hanya beberapa pengguna saja yang dapat merasakan Gemini 1.5 Pro di Workspace. Pengguna-pengguna tersebut adalah para penguji awal yang sudah terdaftar sebelumnya. Selain itu, layanan Gemini 1.5 Pro juga dapat dirasakan oleh pelanggan berbayar Gemini mulai bulan depan.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar