Discord vs Clubhouse, Lebih Baik yang Mana?

Obi Ramdhani . June 23, 2022
Poto :blog.prototypr.io


Teknologi.id - Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan dua aplikasi ini. Di zaman serba teknologi kita tentunya mencari aplikasi yang mampu mempermudah kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari mulai dari belajar, kerja, healing-healing sampai main bersama teman. Aplikasi yang sempat booming di masa pandemi dan aplikasi yang gemar digunakan oleh para gamers.

Aplikasi Clubhouse dikenal sebagai aplikasi audio-chat untuk berbincang dan berdiskusi dengan orang lain dengan berbagai topik, pembahasan. Sedangkan aplikasi Discord dikenal sebagai aplikasi komunikasi instan yang banyak digemari oleh para gamer dan perusahaan untuk membangun komunitas mereka. Nah artikel ini akan membantu kalian untuk memahami secara menyeluruh tentang aplikasi yang mana yang merupakan pilihan terbaik untuk kalian.

Fitur-Fitur Terbaik Discord

Discord adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk kebutuhan profesional dan pribadi. Berikut keunggulan Discord dibandingkan Clubhouse:

1. Mudah Diakses di Berbagai Perangkat

Discord mendukung beberapa perangkat berbeda seperti Windows PC, Mac OS, Android dan iOS. Kamu bisa menggunakan Discord dari PC saat kamu belajar dan dapat dilanjutkan di smartphone saat kamu berada di ruang makan.

2. Kolaborasi Virtual Bagi Para Profesional

Banyak freelance, small businesses, dan kreator menggunakan Discord saat ini untuk melakukan kegiatan meeting dan kolaborasi. Discord memiliki fitur ruang yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk share screen, file sharing, dan video call untuk mempermudah kegiatan profesionalitas.

3. Program Mitra Discord

Kalau kamu adalah live-streamer, pengada acara turnamen online, konten kreator kamu dapat bergabung ke dalam Program Mitra Discord. Program ini membantu para komunitas untuk mendapatkan hadiah dari Discord serta peluang untuk memonetisasi keterampilan. Manfaat terbesar dari Program Mitra Discord adalah:

- Personalisasi server dengan URL custom sesuka kita

- Berkesempatan mendapatkan discord nitro secara gratis sebagai hadiah

- Mendapatkan lencana khusus dan dapat tampil beda di halaman discovery.

4. Server Komunitas

Discord menyediakan tempat bagi kamu yang ingin membangun komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kamu. Adapun berikut beberapa fitur dalam server komunitas yang dapat dimanfaatkan oleh kamu untuk bisa berinteraksi dengan para member kamu nihh:

- Layar selamat datang untuk memberi tahu pengunjung baru tentang komunitas dan aturannya.

- Saluran pengumuman untuk mengedarkan pesan di luar server.

- Alat analitik memberitahu anda bagaimana kinerja server komunitas kamu

5. Panggung Komunitas Discord

Saat ini para komunitas dapat membuat ruang diskusi langsung berbasis suara dimana sekelompok pembicara terpilih akan berbicara, sedangkan untuk anggota komunitas lainnya dan para pengguna Discord dapat menjadi pendengar. Fitur ini hanya tersedia bagi kamu yang memiliki server komunitas, kamu juga bisa menampung hingga 10.000 orang di acara kamu loh!

Fitur-Fitur Terbaik Clubhouse

Clubhouse adalah tempat bagi ribuan ruang saluran audio yang dapat kita dengarkan secara live. Berikut beberapa fitur terbaik dari Clubhouse.

1. Chat Room Berdesain Old School

Aplikasi Clubhouse adalah versi audio yang bagus dari ruang obrolan Yahoo. Nah bagi kamu suka bertemu dengan orang-orang yang berpikiran sama dengan kamu tanpa harus repot-repot berlangganan, maka Clubhouse adalah aplikasi yang tepat untuk anda.

2. Kata Kunci di Bio 

Mesin pencari Clubhouse memberikan perhatian ekstra pada kata kunci dalam bio kamu. Jika kamu seorang pembuat konten, influencer, atau pembicara motivasi ada baiknya kamu menggunakan kata kunci yang terkait dengan keahlian kamu. Jadi bagi kamu ingin memiliki peringkat yang baik dan menarik lebih banyak pengguna ke saluran audio kamu, kamu bisa memasukkan kata kunci di profil kamu. 

3. Terkoneksi dengan Akun Sosial Media

Clubhouse memberikan kemudahan kepada kamu untuk menarik pengikut ke dalam saluran audio kamu dengan cara menautkan akun social media ke dalam akun Clubhouse, selain itu bagi pendengar yang menyukai saluran audio kamu juga bisa mengenal lebih kamu dengan melihat akun social media yang kamu miliki.

4. Mulai Room dengan Mudah

Uniknya di Clubhouse kamu tidak perlu melakukan beberapa langkah sebelum memulai ruang obrolan audio. Kamu bisa membuat ruang kamu sendiri dan mengundang yang lain dengan secara instan. Kamu juga bisa menggeser layar ke kanan-kiri untuk menemukan follower kamu yang sedang online untuk memasukkannya ke dalam ruang obrolan audio kamu. 

5. Mengatur Beberapa Acara Dengan Fitur Jadwal Room 

Dengan Clubhouse kamu bisa membuat acara dan merencanakan acara kamu dengan menjadwalkannya secara mudah dalam kalender acara kamu. Kamu bisa membuka ikon kalender untuk membuat jadwal ruang obrolan kamu, lalu memilih jadwal, waktu, tamu, co-host, dan deskripsi acara kamu.

6. Monetisasi Konten 

Clubhouse adalah tempat yang bagus bagi kamu yang mau memonetisasi keterampilan kamu. Clubhouse membantu para kreator berkembang, dan berusaha memberikan dampak positif pada komunitas dan para penonton. Clubhouse memungkinkan pengguna untuk mengirim uang kepada pembuat konten melalui stripe,

Dan kamu akan mendapatkan 100% dari uang yang dikirim–setelah dikurangi biaya yang dikenakan stripe. Tapi kalau menurut kalian, kalian lebih nyaman menggunakan Discord atau Clubhouse nih?? Yuk komen di bawah pendapat kamu… “Jangan lupa untuk bergabung ke dalam server Teknologi.id untuk mendapatkan informasi seputar teknologi, NFT, Kripto, Bisnis, dan startup yang terupdate saat ini..

Baca juga: 5 Server Discord yang Wajib Diikuti Anak Muda

(OR)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar