Bahasa Pemrograman dengan Bayaran Tertinggi di Tahun 2020

Indah Mutia Ayudita . September 04, 2020

Ilustrasi. Foto: Payoneer

Teknologi.id - Objective-C, bahasa yang tidak diharapkan Apple, ternyata malah menarik pendapatan yang lumayan tinggi untuk para programmer yang bekerja secara freelance.

Berdasarkan data dari sebuah platform freelance, Upwork, freelancer yang mengerjakan proyek dengan bahasa Objective-C memiliki pendapatan yang lebih tinggi dari bahasa pemrograman lain.

Meskipun Objective-C mengalami penurunan dalam daftar popularitas bahasa pemrograman pada index Tiobe, programmer Objective-C rata-rata dibayar USD 66 (sekitar Rp 977 ribu) per jam.

Baca juga: 4 Text Editor Terbaik dan Gratis untuk Programming

Apple mengenalkan Swift pada tahun 2014 sebagai pengganti Objective-C dan menyarankan pengembangnya untuk menggunakan Swift ketika membangun aplikasi iOS dan macOS.

Meskipun popularitas Objective-C turun dalam ranking Tiobe, masih banyak program yang menggunakan Objective-C yang perlu perbaikan, karenanya kebutuhan akan programmer yang bisa menggunakan Objective-C menjelaskan mengapa bayarannya jadi cukup mahal.

Masalah mengenai penawaran dan permintaan skill bahasa pemrograman yang lawas ini muncul sejak pemerintah Amerika Serikat tidak bisa menemukan pengembang COBOL untuk memperbarui sistem perangkat lunak milik pemerintah.

Upwork menyebutkan data yang didapatnya berdasarkan analisis dari bahasa pemrograman dengan biaya termahal berdasarkan hitungan per jam di Upwork.com. Nilai ini merupakan rata-rata dari para freelancer Amerika Serikat yang dikontrak mulai 1 Januari 2020 sampai 30 Juni 2020.

Pengembang yang menguasai bahasa pemrograman Go atau Golang mendapatkan penghasilan tertinggi kedua sekitar USD 64 (Rp 947 ribu) per jam. Posisi ketiga dan keempat diisi oleh programmer yang menguasai Windows PowerShell (USD 62 atau sekitar Rp 918 ribu per jam) dan disusul oleh Excel VBA (USD 60 atau Rp 888 ribu per jam).

Baca juga: 5 Bahasa Pemrograman Terpopuler pada Tahun 2020 dari GitHub

Tidak ada perbedaan pendapatan yang cukup signifikan antar bahasa pemrograman dengan penghasilan tertinggi peringkat 1 sampai 15, namun peningkatan jumlah kontrak tertinggi diraih oleh SQL, disusul oleh Ruby dan Java.

Berikut daftar rata-rata penghasilan programmer di Amerika Serikat (seluruh penghasilan dihitung per jam)

1. Objective-C (USD 66)

2. Go (USD 64)

3. Windows PowerShell (USD 62)

4. Excel VBA (USD 60)

4. Kotlin (USD 60)

5. VB.NET (USD 59)

5. Ruby (USD 59)

6. Java (USD 58)

7. C# (USD 56)

7. ASP.NET (USD 56)

8. C++ (USD 55)

9. SQL Database (USD 54)

10. Python (USD 53)

11. C (USD 52)

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya