Viral Iklan Jasa Cetak KTP, ini Kata Lazada

Fabian Pratama Kusumah . July 17, 2021

Foto: Kota Pekanbaru

Teknologi.id - Sejumlah netizen mengecam Lazada Indonesia yang membiarkan penjual jasa cetak KTP elektronika atau e-KTP di platform mereka.

Penjual jasa KTP itu juga memamerkan contoh e-KTP warga yang tidak disensor. Salah satu yang beredar pada iklan terlihat ada satu e-KTP milik warga yang datanya bisa terlihat jelas.

Namun kini akun penjual jasa KTP di Lazada sudah hilang. Lazada mengaku sedang melakukan investigasi terkait munculnya penawaran jasa cetak KTP elektronik atau e-KTP pada platformnya.

Sebelumnya hal ini sempat ramai dibicarakan pada media sosial. "Kami menyesalkan hal ini dan saat ini kami sedang melakukan investigasi terkait hal tersebut,"

Kata Ferry Kusnowo, Chief Customer Officer Lazada Indonesia dikutip dari CNN Indonesia, hari Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Instagram Buat Fitur Bernama Vanish Mode, ini Fungsinya

Ia mengatakan semua pedagang yang membuka lapak pada platform Lazada harus patuh terhadap semua peratutan yang ada di Tanah Air.

"Lazada mewajibkan para penjual untuk selalu mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia ketika berjualan di Lazada," ucap dia.

Saat ini ia menerangkan telah menindak tegas penjual dengan segera menurunkan penawaran jasa yang bersangkutan dari platform Lazada.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak, termasuk masyarakat, yang memberikan informasi kepada kami jika menemukan penawaran produk yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku," katanya.

Menurutnya Lazada juga akan meningkatkan pengawasan untuk mencegah penjualan produk yang melanggar peraturan dan hukum di Indonesia.

"Kami akan terus memperketat pengawasan kami di platform kami, serta berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam memastikan terciptanya ekosistem eCommerce yang aman dan nyaman untuk masyarakat Indonesia," ujar Ferry.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler