Rusia Perintahkan Wikipedia untuk Menghapus Konten Perang Ukraina

Farrel Yudhistira . April 06, 2022

Foto: Dreamstine


Teknologi.id - Pemerintah Rusia menekan Wikipedia untuk menghapus informasi tentang perang di Ukraina. Pada hari Selasa, regulator internet negara itu Roskomnadzor mengecam situs tersebut, dengan mengatakan "Wikipedia telah menjadi jalur baru serangan informasi konstan terhadap Rusia."


Untuk saat ini, pemerintah Rusia hanya mengancam akan mendenda situs ensiklopedia hingga 4 juta rubel ($47.000) kecuali jika informasi tersebut dihapus. Tidak jelas apakah denda yang diusulkan adalah biaya satu kali atau apakah bisa bertambah setiap hari.


Roskomnadzor kemungkinan menuntut situs tersebut menghapus konten dari halaman Wikipedia yang ditujukan untuk invasi Rusia ke Ukraina, yang sekarang menyebutkan korban sipil dan kejahatan perang yang diduga dilakukan oleh militer Rusia.


Roskomnadzor mengklaim Wikipedia menyebarkan informasi yang tidak akurat tentang perang dengan menghosting konten. “Dalam artikel yang diterbitkan di sumber, interpretasi peristiwa yang secara eksklusif anti-Rusia dipromosikan,” kata regulator. 


Tanggapan Wikimedia Foundation


Wikimedia Foundation, yang membantu menjalankan situs ensiklopedia, tidak segera menanggapi permintaan komentar. Tetapi organisasi nirlaba itu sebelumnya telah bersumpah untuk melawan upaya Kremlin untuk menyensor situs tersebut. “Seperti biasa, Wikipedia adalah sumber penting dari informasi faktual yang andal dalam krisis ini.  Sebagai pengakuan atas peran penting ini, kami tidak akan mundur dalam menghadapi upaya untuk menyensor dan mengintimidasi anggota gerakan kami,” tulis Yayasan Wikimedia bulan lalu.


BACA JUGA: Tips Memilih Toko Online Agar Tidak Kena Tipu


Organisasi nirlaba itu menulis pernyataan itu beberapa hari setelah pemerintah Rusia mengirim permintaan pada 1 Maret, menuntutnya menghapus konten tentang invasinya ke Ukraina. Sebagai tanggapan, Wikimedia Foundation mengatakan bahwa informasi tersebut “bersumber dan dibagikan oleh sukarelawan yang menginvestasikan waktu dan upaya untuk memastikan bahwa konten tersebut berdasarkan fakta dan dapat diandalkan. “Seiring invasi berlanjut, sukarelawan Ukraina terus menambahkan konten dan mengedit Wikipedia, bahkan dalam menghadapi kesulitan besar,” tambah yayasan tersebut.


Keputusan untuk tetap menghosting konten dapat mengakibatkan Rusia mengeluarkan pemblokiran Wikipedia di seluruh situs. Bulan lalu, Kremlin melakukan hal itu ke Facebook dan Instagram karena gagal memenuhi tuntutannya.  Rusia juga baru-baru ini mengesahkan undang-undang yang memberi wewenang kepada pihak berwenang untuk memenjarakan siapa pun di negara itu karena menyebarkan dugaan kebohongan tentang perang di Ukraina.


(FY)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar