PBESI Berencana Esports Dijadikan Ekskul di Sekolah, Setuju?

Fabian Pratama Kusumah . December 23, 2021

Foto: Esports ID

Teknologi.idEsports belakangan ini berkembang pesat di Indonesia. Esports sudah diakui pemerintah sebagai cabor prestasi.

Esports pada Asian Games 2018 dan PON Papua 2021 lalu sudah dipertandingkan sebagai cabor ekshibisi.

Untuk mendukung esports, baru-baru ini Pengurus Besar Esports Seluruh Indonesia (PBESI) berencana untuk menjadikan esports sebagai ekstrakulikuler (ekskul) di sekolah.

PBESI sudah menyiapkan ekskul esports lewat program bernama Akademi Esports Indonesia. Rencananya, ekskul esports akan digelar pada Januari 2022.

"Kami rencanakan itu pada Januari 2022 karena memang sudah ada beberapa sekolah swasta yang meminta pelatih atau coach esports," ujar Sekretaris Jenderal PBESI, Frengky Ong dalam konferensi pers.

"Kami bekerja sama dengan asosiasi-asosiasi orang tua, kami coba untuk berdiskusi bahwa program yang kami lakukan ini banyak manfaatnya, lanjutnya.

Menurut, Head of Academy Garudaku, Robertus Aditya mengatakan untuk pelatihan lebih lanjut ke arah pemain profesional.

Di mana nantinya secara akademi ada penjurusan terkait komponen lain mengenai esports, mulai dari wasit, talent, broadcast, multimedia, EO dan management akan ada kelas tambahan.

Ia menambahkan bahwa esports ini, bukan hanya sekedar menjadi pemain saja. Oleh sebab itu, Robertus dan pihaknya memfasilitasi hal tersebut, karena menurutnya itu merupakan bagian dari ekosistem ini di Indonesia.

Frengky menyebut bahwa program Akademi Esports Indonesia tidak selalu mengajarkan cara bermain game.

Baca juga: Daftar Pemenang Grand Final Piala Presiden Esports 2021

40 persen materi yang diajarkan adalah mengenai edukasi seperti bagaimana cara menjadi atlet esports yang benar.

Edukasi lain yang mau dihadirkan PBESI terkait esports adalah bermain game itu tidak boleh lebih dari delapan atau lima jam sehari. Frengky mau bermain game itu sebentar, tapi efektif.

Tak hanya pelatihan, program Akademi Esports Indonesia ini juga bakal menggelar kompetisi seperti Piala Pelajar dan Piala Mahasiswa. Ini juga beriringan dengan program skema poin yang sudah diterapkan PBESI.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

1 Komentar