Kominfo Berikan Layanan 5G Pada MotoGP Mandalika

Tristan . January 05, 2022


Foto: Antara News

Teknologi.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sedang persiapkan layanan 5G di MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang akan berlangsung di bulan Maret 2022. 


Hal tersebut diungkapkan Johnny G Plate setelah kunjungan Komando Lapangan MotoGP 2022, Marsekal TNI(Purn) Hadi Tjahjanto di Gedung Kementerian Kominfo.


"Seperti event-event olahraga sebelumnya di PON XX Jayapura, di Mandalika juga akan di-deploy 5G experience," ucap Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam siaran pers pada Senin(27/12/2021).


Jaringan 5G akan berada di spektrum 2,3GHz, sehingga internet 5G hanya bisa dijalankan oleh perangkat tertentu yang mendukung spektrum tersebut saat gelaran MotoGP tersebut. 


Perangkat Apple bekerja di frekuensi 2,6GHz, sehingga tidak mendukung frekuensi 2,3GHz. Frekuensi dari Apple ini masih diperlukan untuk layanan satelit, tetapi tidak telekomunikasi.


Menkominfo mengaku telah menjalankan komunikasi dengan pabrikan dalam membuat handheld yang beroperasi di frekuensi 2,3GHz. Mereka sudah membuka software-nya sehingga nanti di sana pada saat Mandalika MotoGP, 5G juga akan hadir, tapi untuk perangkat-perangkat telepon tertentu.



Baca juga: Wisata di Luar Angkasa dengan Balon Raksasa

Kepada operator yang menghadirkan internet 5G di MotoGP 2022 Mandalika merupakan yang telah memperkenalkan jaringan tersebut di Indonesia. Di Mandalika, pembukaan pengalaman 5G ini akan diselenggarakan oleh tiga operator seluler, Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo.


Sebelumnya Kominfo juga mengatakan sedang menyiapkan tambahan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk ajang MotoGP Mandalika 2022. 


Infrastruktur TIK tersebut meliputi teknis MotoGP, termasuk di dalamnya penambahan spektrum frekuensi radio.


Hadi juga memastikan protokol kesehatan akan tetap terlaksana dengan ketat, seperti penyaringan penonton melalui aplikasi PeduliLindungi, fasilitas uji usap PCR dan antigen, sampai pengaturan kapasitas penonton di tribun agar tetap menjaga jarak.


(TTD)

author1
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar